Try Out Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Paket C Berbasis Android

Oleh Lilik Subaryanto

Perjalanan android sebagai sistem operasi/System Operation(OS) terbuka dalam lima tahun terakhir sangat pesat. Masa awal kemunculan OS android dipandang sebelah mata oleh penguasa sistem operasi smartphone saat itu yaitu Symbian. OS Symbian sebagai penguasa saat itu sama sekali tidak memperhitungkan kehadiran OS Android akan berakhir seperti ini.

Kini android menjadi sistem operasi paling populer di dunia. Tercatat pengguna Android di dunia sekarang ini sebesar 82,8 persen pangsa pasar di seluruh dunia, sementara iOS hanya memperoleh 13,9 persen saja.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia tercatat sebagai negara di Asia Tenggara yang warganya terbanyak menggunakan Android. Totalnya yakni pengguna 41 juta pengguna atau pangsa pasarnya 94%. Sementara iOS di Indonesia hanya digunakan 2,8 juta pengguna atau 6%.

Populernya sistem operasi sistem android di Indonesia menjadi salah satu alasan bagi Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN). Tim android Paket C dimotori oleh Ketua Bidang Kominfo DPP FTPKN juga menggandeng satuan pendidikan nonformal PKBM Faradika. Kerjasama ini terjalin karena kedua institusi ini memiliki visi yang sama terkait pengembangan aplikasi berbasis android untuk kemajuan pendidikan kesetaraan.

Tim ini terdiri atas para tutor dari berbagai mata pelajaran dari. Tim Android Paket C untuk meluncurkan aplikasi try out mata pelajaran di program Paket C dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Sekolah/Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK). Dan juga banyak peserta didik Paket C memiliki smartphone berbasis Android. Sebagai informasi, di playstore belum ada aplikasi untuk pendidikan kesetaraan program Paket A, Paket B, dan Paket C.

Sebagai aplikasi perdana diharapkan bisa memuaskan dahaga akan aplikasi yang dikhususkan untuk pendidikan kesetaraan. Oleh sebab itu aplikasi ini dibuat agar mudah dipergunakan. Berikut adalah tahapan penggunaan aplikasi. (1)Langkah awal dengan mengunduh aplikasi try out di playstore/Google play. (2) Klik tautan di bawah ini, lalu akan dihantarkan ke website playstore. (3) Kemudian unduh aplikasinya dan pasang/instalasi. (4) Setelah diinstalasi, aplikasi dibuka. (5) Isi nama pada kolom nama dan isi nama PKBM pada kolom PKBM lalu klik tombol “berikut”. (6) Selanjutnya kerjakan soal soal yang tersaji.

Aplikasi bisa diunduh gratis dan tidak memberatkan hape serta dapat dipakai berulang-ulang-ulang. Hasil secara instant bisa diketahui saat selesai mengerjakan, sehingga kemajuan peserta didik bisa diketahui.

Berikut link aplikasi Android yang bisa diunduh

  1. Try Out Geografi Paket C http://bit.ly/2iMjzwQ
  2. Try Out Bahasa Inggris Paket C http://bit.ly/2iMeWD7
  3. Try Out PKN http://bit.ly/2iMiEfX
  4. Try Out B Indonesia Paket C http://bit.ly/2iPhGQn
  5. Try Out Ekonomi Paket C http://bit.ly/2iKUd0r
  6. Try Out Matematika Paket C http://bit.ly/2iKS5FM
  7. Try Out Sosiologi Paket C http://bit.ly/2ipxm9z

Saran dan kritik bisa diungkapkan di playstore. Berikan rate bintang lima. Rate dari pengguna adalah kepuasan yang tak terlukiskan bagi *Tim Android Paket C*

4 tanggapan pada “Try Out Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Paket C Berbasis Android”

  1. Halo Pak Fauzi.

    Saya mau tanya, saat ini sudah dimulai kegiatan UPK (ujian Sekolah) Paket C di Jakarta Selatan.
    Dan saya bisa dipastikan berhalangan mengikuti seluruh kegiatan UPK karena ada tugas kerja di luar kota

    Yg ingin saya tanyakan, apakah saya masih memiliki peluang untuk lulus sekolah Paket C?

    Dan kira-kira presentasenya berapa persen untuk peluang lulus? Karena bila saya sudah tidak memiliki kesempatan, saya tidak akan mengikuti kegiatan belajar lagi di PKBM tempat saya bernaung.

    Saya akan merasa sangat senang jika pak Fauzi membalas pertanyaan saya.
    Terima kasih.

    1. Pihak yang paling berwenang untuk menjawab pertanyaan ini adalah satuan pendidikan atau PKBM di mana mengikuti proses belajar.
      Namun demikian salah satu ketentuan kelulusan dari Paket C adalah lulus ujian pendidikan kesetaraan (UPK), nah untuk lulus sudah barang tentu harus mengikuti UPK dimaksud.

Komentar ditutup.