SKB/PKBM Penyelenggara UPK Wajib Menyusun Kisi-Kisi dan Soal Ujian PK

Surabaya (07/02/2017) Sesuai ketentuan Peraturan Mendikbud nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan, satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan wajib hukumnya menyusun kisi-kisi dan soal ujian pendidikan kesetaraan (UPK).

Ujian pendidikan kesetaraan (UPK) dibedakan dengan ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK). UPK merupakan bentuk penilaian oleh satuan pendidikan, sedangkan UNPK adalah bentuk penilaian oleh pemerintah. Sesuai ketentuan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) wajib hukumnya untuk menyelenggarakan ujian pendidikan kesetaraan yang meliputi seluruh mata pelajaran sesuai dengan struktur kurikulum yang digunakan.

Ketentuan pasal 11 ayat (2) Permendikbud nomor 3 Tahun 2017 menyebutkan bahwa kisi-kisi US (dalam hal ini dimaksud adalah UPK, merujuk pasal 1 angka 6) disusun dan ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan kriteria pencapaian standar kompetensi lulusan, standar isi dan kurikulum yang berlaku.

Adapun standar isi dan kurikulum yang masih berlaku pada pendidikan kesetaraan adalah Standar Isi Program Paket A, Program Paket B, dan Program Paket C sebagaimana diatur dalam Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007. Pendidikan kesetaraan belum bisa menerapkan kurikulum 2013 yang disempurnakan karena kerangka dasar dan struktur kurikulumnya belum ditetapkan.

Selanjutnya berdasarkan kisi-kisi UPK, SKB/PKBM menyusun naskah soal UPK di bawah koordinasi dan pengawasan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Ketentuan di bawah koordinasi dan pengawasan oleh Dinas Pendidikan ini perlu diatur agar ada kontrol dan pengendalian mutu.

Untuk memudahkan SKB/PKBM dalam menyusun kisi-kisi UPK, maka dapat diunduh contoh kisi-kisi UPK pada tautan ini. Kisi-kisi ini merupakan hasil Lokakarya Penyusunan Kisi-Kisi dan Soal UPK yang diikuti para Tutor Paket A, Paket B dan Paket C pada tanggal 24 sd 26 Januari 2017 di Semarang.

Belum semua mata pelajaran Paket A, Paket B dan Paket C disusun kisi-kisi. Adapun mata pelajaran yang belum tersedia kisi-kisinya pada setiap jenjang adalah Pendidikan Agama, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Keterampilan Fungsional dan Muatan Lokal. Setiap SKB/PKBM dimohon untuk melengkapi kisi-kisi untuk mata pelajaran tersebut. [fep]

Unduh kisi-kisi UPK Paket A, Paket B, dan Paket C, klik di sini.

5 tanggapan pada “SKB/PKBM Penyelenggara UPK Wajib Menyusun Kisi-Kisi dan Soal Ujian PK”

  1. Jka sekolah formal sudah menggunakan kurikulum K 13 terus konsep kesataraan dimnana, sebab evaluasi hanya sebagai instrumen untuk melihat standar isi yg telah di capai peserta didik. Trims

    1. Jika dipaksakan menggunakan K13 tidak bisa karena kerangka dasar dan struktur kurikulumnya belum keluar. Sekolah toh juga belum sepenuhnya menggunakan K13.

Komentar ditutup.