Dibuka Lagi Bimtek Penyusunan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan (Angkatan ke-3)

Yogyakarta (10/10/2020) Antusias bimtek penyusunan perangkat pembelajaran ternyata masih sangat tinggi. Oleh karena itulah Dewan Pengurus Daerah Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta kembali menyelenggarakan Bimtek tersebut pada tanggal 3 sd 9 November 2020. Bimtek dilaksanakan secara daring dengan beban belajar 31 JPL dengan jadwal tatap muka virtual (via Zoom) pada tanggal 3, 5, 7 dan 9 November 2020.

Tutor pendidikan kesetaraan wajib memiliki seperangkat dokumen perencanaan pembelajaran agar kegiatan pembelajaran terarah dan terukur dalam mencapai kompetensi yang diharapkan. Pembelajaran kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan berbasis modul, sedangkan modul tidak semuanya memberikan informasi kompetensi dasar yang termuat di dalamnya.

Kondisi tersebut akan menyulitkan tutor untuk melakukan pengembangan silabus dan penyusunan RPP karena memerlukan informasi kompetensi dasar yang akan dicapai melalui pembelajaran. Sementara itu, sebelum melakukan pengembangan silabus dan penyusunan RPP tutor harus melakukan pemetaan kompetensi dasar, penyusunan program tahunan (Prota) dan program semester (Prosem). Bagi tutor pendidikan kesetaraan penyusunan prota dan prosem belum terbiasa, apalagi belum dituntut oleh pimpinan satuan pendidikan nonformal.

Oleh karena itulah perlu diselenggarakan bimbingan teknis penyusunan perangkat pembelajaran bagi pendidik pada satuan pendidikan nonformal PKBM/SKB, yang meliputi pemetaan kompetensi dasar, penyusunan prota dan prosem, pengembangan silabus dan penyusunan RPP. Kegiatan ini diselenggarakan oleh DPD Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (DPD FTPKN DIY).

Adapun tujuan bimtek ini adalah agar peserta (1) mampu melakukan pemetaan kompetensi dasar; (2) mampu melakukan penyusunan program tahunan berbasis modul; (3) mampu melakukan penyusunan program semester berbasis modul; (4) mampu mengembangkan silabus; dan (5) mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran.

Bimbingan teknis ini dilakukan secara daring dengan strategi menggunakan pendekatan belajar sambil melakukan dan latihan yang berbasis lapangan (field basedtraining). Fasilitator sebagai narasumber lebih banyak berperan memfasilitasi terjadinya proses berbagi pengalaman, strategi dan informasi. Penjelasan materi diberikan oleh fasilitator secara singkat dengan menggunakan Zoom. Kemudian dilanjutkan kegiatan pendampingan dengan memanfaatkan aplikasi WhatsApp dan atau Google Classrom setiap peserta mengungkapkan kendala atau hasil tugas. Pertemuan ketiga setiap materi inti dilakukan presentasi melalui Zoom. Narasumber pada akhir pertemuan memberikan penegasan dan masukan. Jika tertarik untuk mengikuti Bimtek ini silahkan klik tautan ini.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.