24 Januari 2012 008Yogyakarta ditetapkan menjadi kota pertama di Indonesia sebagai kota berbudaya lalu lintas. Deklarasi Yogyakarta sebagai kota Berbudaya Lalu Lintas digelar di Kantor Gubernur DIY, Kepatihan Yogyakarta Minggu 1 September 2013.

Hadir dalam deklarasi adalah Wakil Menteri Bidang Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Musliar Kasim, Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono dan Wagub DI Yogyakarta Paku Alam IX. Dalam deklarasi tersebut, Pemerintah DI Yogyakarta memberikan penghargaan kepada PT Astra Honda Motor sebagai Pelopor Pendidikan Etika Lalu Lintas Terintegrasi dalam kurikulum. Sementara itu, Yayasan AHM juga mendapat anugerah dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) sebagai Pelopor Implementasi Sekolah Model Budaya Etika Lalu Lintas. MURI juga merilis penghargaan untuk Pemprov DI Yogyakarta sebagai Pelopor Daerah Budaya Etika Lalu Lintas.

Bagi masyarakat Yogyakarta julukan ini diharapkan akan menjadi pengarah dalam tertib lalu lintas di jalan. Jalan di Yogyakarta semakin hari semakin padat, kemacetan terjadi di beberapa simpul, hal ini memerlukan budaya lalu lintas yang tinggi. Kepatuhan dan kesabaran di jalan raya adalah kunci agar Yogyakarta tetap berbudaya lalu lintas.

Sumber: http://oto.detik.com/read/2013/09/01/105341/2346139/648/pertama-di-indonesia-yogyakarta-jadi-kota-budaya-lalu-lintas?od771104bcj