UNPK Periode 2 Untuk Siapa?

PKBM daftar UNPK 2Yogyakarta (04/05/2014) UNPK Paket C periode 1 sudah berlalu, dan UNPK Paket B akan dilaksanakan mulai 5 Mei. UNPK Paket C dan Paket B serentak akan dilaksanakan pada 19-22 Agustus 2014. Sementara ini masih banyak yang menyalahgunakan UNPK periode 2 untuk mengikutsertakan peserta didik yang belum tercatat pada UNPK periode 1. Siapa sebenarnya peserta UNPK periode 2.

Dalam POS UN/UNPK memang tidak disebutkan siapa peserta yang bisa mengikuti UNPK periode 2. Kaburnya ketentuan inilah yang kemudian membuka peluang adanya peserta UNPK dadakan pada periode 2.

Logikanya, peserta didik sudah tercatat di satuan pendidikan jauh hari sebelum pengisian daftar nominatif sementara (DNS) UNPK, jauh sebelum dilaksanakan UNPK periode 1. Jika proses pembelajaran dilakukan dengan benar tidak ada peserta baru muncul pasca pelaksanaan UNPK periode 1. Artinya tidak logis bahwa peserta UNPK periode 2 adalah bagi peserta didik yang belum terdaftar ikut UNPK periode 1.

Namun lucunya ada lembaga penyelenggara yang mengiklankan di media internet dan memasang baliho bahwa menerima pendaftaran sampai akhir April 2014 untuk mengikuti UNPK periode 2. Modus seperti inilah yang menyalahi prosedur dan hakekat pendidikan kesetaraan. Ingat ini adalah pendidikan kesetaraan bukan ujian persamaan.

Lalu siapa yang bisa mengikuti UNPK periode 2? UNPK periode 2 diperuntukkan bagi (1) mereka yang tidak bisa datang pada UNPK periode 1 karena tidak dapat ijin dari pimpinan/majikan tempat bekerja atau tidak datang karena alasan lainnya; (2) peserta didik Paket C yang tidak lulus pada UNPK periode 1; dan (3) peserta alih jalur yang tidak lulus UN SMA/MA.

Jadi tidak masuk akal ada peserta UNPK periode 2 dadakan yang mendaftar pasca dilaksanakan UNPK atau pasca penetapan DNT.

Tertarik dengan iklan pendaftaran UNPK periode 2, klik di bawah ini:

  1. Serang
  2. Jakarta baca butir angka 5

2 tanggapan pada “UNPK Periode 2 Untuk Siapa?”

  1. sangat setuju dengan penjelasan tentang pelaksanaan ujian nasional kesetaraan Tahap II 2014- Namun coba kita melihat lebih cermat, ketika argumentasi rasional tentang PKBM melaksnakan ujian hanya bagi peserta ujian yang tidak lulus ujian nasional,Regulasi harus diatur jeles untuk dilaksanakan/diterapkan,,karena regulasi msh samar2 maka terjemahanya, ujian nasional hanya bisa tahap II, Bisa diikuti oleh pendaftar dadakan bahkan,, peserta gagal formal,, terus bagaimana dgn peserta gagal formal yang setiap tahun PKBM diwajibkan menerima mereka untuk diikutsertakan dalam UNPK Tahap II, Pertanyaannya-Apakah peserta gagal UN yang sebagai peserta UNPK Pernahkah Ijasahnya tetap tertulis sekolah asal? terus apakah pada saat dia mendaftar di PKBM, Apakah dia bukan disebut peserta pendaftar dadakan, jika bukan dadakan mengapa daftar nilai dan nomor induk peserta gagal formal diberikan nomor induk dari PKBM??

  2. Peserta UNPK tahap 2 gimana pesertanya? logikanya ya setuju sebagaimana mas Fauzi paparkan, tapi toh akhirnya masalah itu ya .. sama seperti th. lalu tertelan bumi, para pengambil keputusan sepertinya tak ada yang peduli, apalagi cari jalan solusi, lihat aja apa pengumuman UNPK tahap 2 th. lalu sdh. diumumkan semua? dan bagaimana ceritanya ijazahnya sampai detik ini? sepertinya tidak ada pemerintahan kan?, maklum beliau tidak pernah setiap hari ditanya kapan pengumumannya ? atau kapan ijazahnya bisa diambil pak? renungkan hai para penentu dan pelaku regulasi? ini menyakitkan bagi yang ada diujung tombak, keluhan ini sebetulnya kami sdh. malas dan tidak yakin ada tindakan krn. tampaknya sdh.tidak ada kepedulian apalagi keseriusan dalam waktu dekat ini, apalagi yang baca ya teman kita sendiri yang permasalahannya ya sama, mari kita buktikan.

Komentar ditutup.