BSNPYogyakarta (30/01/15) Berdasarkan paparan sosialiasi Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) selaku penyelenggara ujian nasional, pelaksanaan ujian nasional pendidikan kesetaraan Paket C dilaksanakan satu kali dan waktunya bersamaan dengan ujian nasional SMA.

Ujian nasional pendidikan kesetaran (UNPK) Paket C diselenggarakan pada tanggal 13 sampai dengan 16 April 2015. Pada tahun ini pada UNPK Paket C dilaksanakan ujian susulan yaitu tanggal 26 sampai dengan 29 Mei 2015. Ujian susulan memberikan kesempatan kepada peserta ujian yang tidak bisa hadir pada tanggal 13-16 April 2015 karena alasan yang dapat dipertanggungjawabkan, misalnya sakit atau belum dapat ijin dari tempat bekerja/majikan. Di samping itu, ujian susulan UNPK Paket C juga menampung peserta UN SMA/SMK yang tidak lulus dan berkeinginan mengikuti UNPK Paket C/Paket C Kejuruan, karena dilaksanakan setelah pengumuman UN SMA/SMK.

Jadwal UN Paket C 2015

Waktu pelaksanaan UNPK Paket C tersebut di atas merupakan penyempurnaan dari Permendikbud nomor 144 tahun 2014, dimana UNPK Paket C dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, namun waktunya tidak bersamaan. Dalam peraturan menteri tersebut diatur waktunya setelah pengumuman  ujian nasional SMA.  Oleh karena itu pada akhir tahun 2014 pengurus Asosiasi Sekolahrumah dan Pendidikan Alternatif (ASAH PENA) memberikan masukan kepada BSNP agar pelaksanaan UNPK bersamaan dengan ujian nasional SMA. Dengan demikian lulusan Paket C masih ada kesempatan mengikuti ujian masuk ke perguruan tinggi favorit mereka.

Untuk mengunduh paparan lengkap sosialisasi BSNP terkait pelaksanaan UN/UNPK tahun ini dapat klik tautan berikut ini. Di dalamnya dapat diperiksa informasi jadwal UNPK Paket B.