UNPP 1Yogyakarta (8/10) Hari ini serentak di seluruh Indonesia mulai dilaksanakan ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) periode II. Pada tanggal 8-11 Oktober dilaksanakan UNPK Paket C (IPA/IPS dan Kejuruan), tanggal 15-17 Oktober akan dilaksanakan UNPK Paket A dan Paket B. Pelaksanaan UNPK sering dilewatkan oleh publik bahkan LSM, berbeda dengan ujian nasional sekolah yang tidak luput dari perhatian publik. Karena luput dari perhatian publik, ditengarai ada beberapa pihak yang melakukan praktek menyimpang.

Konon ada sebagian yang membagikan kunci jawaban kepada peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan, sehingga tidak heran jika nilai ujian relatif tinggi. Ada pula yang melakukan briefing sebelum pelaksanaan ujian dengan memberikan informasi jawaban kepada peserta ujian.

Praktek yang pada akhirnya sulit dibuktikan kebenarannya, karena peserta ujian akan menyimpan rapat-rapat rahasia ini. Jika tidak, ia akan terancam untuk tidak lulus.

Karena itulah, mari kita laksanakan UNPK periode II ini dengan lebih bermartabat agar lulusan  ijazah Paket A, Paket B dan Paket C tidak dilecehkan di tengah masyarakat. Jangan sampai lembaga yang menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan dengan sungguh-sungguh dan menanamkan nilai kejujuran ternoda oleh sebagian ulah oknum yang ingin mencari untung sesaat.

Masih banyak lembaga yang menyelenggarakan program pendidikan kesetaraan dengan mengikuti rambu-rambu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, dan tidak berusaha mengambil kesempatan dalam kesempitan. Walau masih ada saja sebagian calon peserta yang menginginkan jalan pintas, mendaftar dan langsung ujian, namun mereka menolak dengan halus.

Selamat menyelenggarakan UNPK! Ujianlah dengan bermartabat.

Simak juga di: http://diksetara.blogdetik.com