LJUN 2013Tangerang (12/04) Pada tahun 2013 ini naskah soal dan lembar jawab ujian nasional (LJUN) dibagikan kepada peserta ujian nasional SMA/MA dan ujian nasional pendidikan kesetaraan Paket C dalam keadaan bersatu dan berupa pasangan. Naskah soal dan  LJUN memiliki barcode. Berbeda pada UN tahun 2012 dimana naskah soal dan lembar jawab dibagi dalam keadaan terpisah. Di samping itu naskah soal UN SMA/MA dan Paket C tersedia dalam variasi 20 paket soal.

Langkah pertama, pastikan naskah soal dan LJUN masih dalam keadaan bersatu. Jika menerima naskah soal dan LJUN dalam keadaan terpisah segera minta ganti kepada pengawas ruang.

Langkah kedua, memeriksa naskah soal halaman per halaman dan pastikan tidak ada yang rusak sehingga tidak memungkinkan untuk menjawab. Pastikan pula LJUN tidak rusak.

Langkah ketiga, menuliskan nama dan nomor ujian pada kolom yang tersedia di halaman 1 (satu) naskah soal  dan LJUN sebelum dipisahkan. Pengawas ruang akan memastikan peserta UN/UNPK telah mengisi identitas dengan benar sesuai dengan kartu peserta.

Langkah keempat, memisahkan (merobek) LJUN dari naskah soal dengan hati-hati.

Setelah itu silahkan mulai mengerjakan soal.

Baca juga Pengamanan UNPK Paket C Berlapis