Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas Tingkat Nasional Tahun 2016

Bandara PaluYogyakarta (21/05/2016) Besok 22 Mei 2016 peserta Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan PAUD dan Pendidikan Masyarakat (GTK PAUD dan Dikmas) tingkat nasional mulai berdatangan di Palu, Sulawesi Tengah. Setiba di Bandara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu, peserta provinsi langsung akan berpisah menuju hotel masing-masing.

Ada empat hotel lokasi kegiatan Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas, yaitu Hotel Sutan Raja, Hotel Santika, Hotel Mercure, Hotel Swiss Bel. Panitia daerah akan memfasilitasi peserta dan pendamping kontingen menuju ke hotel masing-masing. Penempatan hotel juga ditandai dengan warna sampul naskah yang sudah dikirim peserta.

Hotel Sutan RajaHotel Sutan Raja yang terletak di Jalan Abdurrahman Saleh No. 45, Palu, Sulawesi Tengah, merupakan pusat kegiatan terdekat dari bandara karena hanya berjarak 2 km atau 5 menit perjalanan kendaraan. Hotel Sutan Raja diperuntukkan bagi peserta lomba Pengelola Lembaga Kursus dan Pelatihan, Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Pengelola Taman Bacaan Masyarakat, dan Kepala Sanggar Kegiatan Belajar. Peserta pada hotel ini ditandai dengan warna sampul naskah biru. Di Hotel Sutan Raja juga akan menginap pendamping dari provinsi Bengkulu, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan DI Yogyakarta.

Hotel SantikaHotel Santika yang terletak di Jalan Muh. Hatta 18 Palu ini berjarak 5,7 km dari bandara atau 13 menit perjalanan. Hotel ini diperuntukkan bagi peserta lomba Tutor Pendidikan Keaksaraan, Tutor Paket A, Tutor Paket B, dan Tutor Paket C. Penanda bagi peserta yang menginap di Hotel Santika ini adalah sampul warna hijau. Di hotel ini akan menginap pula pendamping dari provinsi Maluku, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Hotel MercureHotel Mercure berada di Jalan Cumi-Cumi 8 Palu berjarak 9 km atau 21 menit perjalanan dari bandara. Hotel Mercure terletak di pinggir pantai dan berada dekat Jembatan Palu IV. Di hotel ini direncanakan akan dilaksanakan upacara penutupan sekaligus pemberian anugrah bagi insan GTK PAUD dan Dikmas yang berprestasi. Peserta yang menginap di hotel ini adalah Instruktur Kursus Tata Kecantikan Rambut, Instruktur Kursus Tata Rias Pengantin, Instruktur Kursus Tata Busana dan Instruktur Kursus Komputer. Penanda sampul naskah bagi peserta yang menginap di hotel ini adalah warna merah. Lomba paduan suara dan senam poco-poco juga akan dilaksanakan di hotel Mercure ini. Adapun pendamping yang akan menginap di hotel ini adalah berasal dari provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Bangka Belitung dan Jambi.

Hotel Swiss BelHotel yang terjauh dari bandara 10,9 km atau 25 menit perjalanan dari bandara adalah Hotel Swiss Bell. Hotel ini terletak di Jalan Malonda 12 Palu dan berada di pinggir pantai Teluk Palu. Peserta yang menginap di hotel ini adalah Guru KB/TPA/SPS, Pengelola KB/TPA/SPS, Pamong Belajar dan Penilik. Penanda sampul naskah bagi peserta yang menginap di hotel Swiss Bel adalah warna kuning. pendamping yang akan menginap di hotel ini adalah berasal dari provinsi Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Gorontalo, Papua, Papua Barat dan Maluku Utara.

Panitia telah mengatur warna sampul naskah sesuai dengan lokasi hotel masing-masing. Hal tersebut juga untuk memudahkan panitia untuk mendistribusikan naskah lomba karena sudah ada penanda warna sampul.

Sehubungan peserta akan langsung berpisah selepas di bandara, maka peserta harus menyiapkan segala persyaratan yang diperlukan untuk registrasi di masing-masing hotel. Adapun persyaratan yang harus disiapkan untuk regitrasi antara lain surat tugas dari Dinas Pendidikan Provinsi, KTP asli dan fotokopi, pas foto foto berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 3 (tiga) lembar dan ukuran 3R (close up) setengah badan sebanyak 2 (dua) lembar, dan biodata peserta yang sudah diisi.

Selamat datang di Palu!

[fauziep]