Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Nasional Tahun 2015

IMG_20150604_084659Medan (04/06/2015) Seluruh peserta Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi 2015 mengikuti tes psikologi hari ini Kamis, 4 Juni 2015 mulai pukul 08.00. Tes psikologi dilaksanakan selama dua jam hingga pukul 10.00.

Peserta dari unsur pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PAUD serta PTK Kursus dan Pelatihan diselenggarakan di Convention Hall Hotel Danau Toba Internasional. Peserta unsur PTK Dikmas mengikuti tes psikologi di Garuda Hall Hotel Garuda Plaza. Tes psikologi diikuti 485 orang peserta yang terdiri dari 15 jenis PTK PAUDNI dari 33 provinsi.

Nilai tes psikologi memiliki bobot 15% dari penilaian total pada lomba karya nyata dan lomba karya tulis. Bobot 35% merupakan nilai naskah dan bobot 50#% untuk presentasi. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, hasil tes psikologi akan menentukan kejuaraan. Hal ini disebabkan nilai 10 besar peserta memiliki nilai naskah dan presentasi yang rentangnya sangat tipis, bahkan ada yang hanya selisih angka di belakang koma. Sehingga nilai tes psikologi menjadi sangat menentukan.

Menurut panitia penyelenggara, tes psikologi ini untuk mengukur kecenderungan kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial PTK PAUDNI. Walaupun tes psikologi, khususnya mengukur kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial, tidak bisa dilakukan penyekoran namun untuk kepentingan suatu lomba biasanya akan dikonversi dengan metode z-skore untuk mendapatkan nilai prestasi. [fep]