lampiran-22Setelah terbitnya Permenpan RB nomor 15 tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya masih terdapat perbedaan penafsiran terhadap pasal 14 ayat (1) sampai dengan (6) tentang persyaratan angka kredit dari sub unsur pengembangan profesi.

Narasumber dari Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan PAUDNI (P2TK PAUDNI) dalam berbagai kesempatan sosialisasi dan diklat memberi informasi bahwa persyaratan tersebut diartikan bahwa setiap kenaikan pangkat diwajibkan mengumpulkan sejumlah persyaratan sebagaimana diatur dalam ayat (1) sampai dengan (6) pasal 14.Jika penafsirannya adalah seperti itu maka secara kumulatif seorang pamong belajar berkualifikasi sarjana sejak diangkat menjadi Pamong Belajar Pertama golongan ruang III/a pangkat Penata Muda sampai Pamong Belajar Madya golongan ruang IV/c pangkat Pembina Utama Muda minimal akan memiliki 42 angka kredit dari sub unsur pengembangan profesi. Luar Biasa…!!

Saya justru khawatir pamong belajar akan sibuk mengerjakan pengembangan profesi dan mengesampingkan tugas pokoknya (kegiatan belajar mengajar, pengembangan model dan pengkajian program PNFI), karena setiap kenaikan pangkat diwajibkan mengumpulkan angka kredit yang cukup besar dari unsur pengembangan profesi. Apalagi pembuatan kegiatan pengembangan profesi masih menjadi kendala bagi sebagian pamong belajar.

Lebih lanjut, menurut hemat saya penafsiran ketentuan pasal 14 oleh narasumber tersebu tidak sesuai dengan Lampiran II Permenpan RB nomor 15 tahun 2010 tentang Jumlah Angka Kredit Kumulatif Minimal untuk Pengangkatan dan Kenaikan Jabatan/Pangkat Pamong Belajar dengan Pendidikan Sarjana (S1)/Diploma IV (DIV), dimana angka kredit kumulatif minimal sudah ditetapkan sesuai kolom jabatan/golongan ruang.

Misalnya, Raminten pamong belajar pertama golongan ruang III/a sudah memiliki angka kredit 2 dari sub unsur pengembangan profesi pada PAK terakhirnya. Kemudian untuk kenaikan pangkat ke Penata Muda Tingkat I gol ruang III/b menurut versi narasumber Kemdiknas selama menduduki pangkat Penata Muda III/a harus mengumpulkan 4 dari sub unsur pengembangan profesi. Namun demikian jika menyimak tabel lampiran II menurut hemat saya yang bersangkutan cukup mengumpulkan minimal 2, ditambahkan perolehan dari sub unsur pengembangan profesi PAK sebelumnya sehingga secara kumulatif angka kredit minimal dari sub unsur pengembangan profesi menjadi 4.

Hal tersebut sejalan dengan bunyi ayat (2) pasal 14 Pamong Belajar Pertama, pangkat Penata Muda Tingkat I, golongan ruang III/b yang akan naik jenjang jabatan/pangkat menjadi Pamong Belajar Muda, pangkat Penata, golongan ruang III/c, angka kredityang disyaratkan untuk kenaikan jabatan/pangkat paling kurang 4 (empat) angka kredit berasal dari sub unsur pengembangan profesi. Hal mana menurut saya berbeda pemahamannya dengan kata-kata wajib mengumpulkan. Artinya yang bersangkutan cukup untuk memenuhi persyaratan angka kredit kumulatif minimal sub unsur pengembangan profesi sebesar 4, bukan wajib mengumpulkan sebanyak 4 angka kredit.

Bagaimana penafsiran Anda?