Juara KeduaYogyakarta (09/03/15) Berbeda dengan tahun sebelumnya, tema penghargaan Apresiasi PTK PAUDNI untuk pamong belajar dan penilik tahun ini karya nyata bukan karya tulis. Hal ini memberikan implikasi yang signifikan terhadap karya yang hendak diangkat.

Karya tulis bisa merupakan ide atau gagasan yang unik terkait dengan tema yang diangkat, sedangkan karya nyata adalah berisi tulisan pengalaman konkrit (best practice). Tulisan dalam karya tulis tidak harus sudah pernah dilaksanakan karena bisa berupa ide atau gagasan. Berbeda dengan karya  nyata haruslah sudah pernah dilaksanakan karena berangkat dari pengalaman.

Tema penghargaan untuk pamong belajar yaitu, metode pembelajaran yang efektif dalam mempertahankan keberlangsungan pembelajaran dan peserta didik, haruslah berangkat dari pengalaman. Artinya hanya pamong belajar yang pernah melaksanakan kegiatan sesuai dengan tema yang bisa mengajukan karya nyata. Itu hanya bisa dilakukan oleh pamong belajar yang bertindak sebagai pendidik. Biasanya masalah keberlangsungan pembelajaran dan peserta didik terjadi pada kelompok belajar keaksaraan atau Paket A/B/C.  Tantang pamong belajar untuk mempertahankan keberlangsungan pembelajaran dan peserta didik agar tidak berkurang dan habis.

Tema penghargaan untuk penilik yaitu, teknik pembimbingan yang efektif pada PTK PAUDNI dalam meningkatkan mutu kegiatan belajar mengajar pada satuan PAUDNI, artinya adalah teknik pembimbingan efektif yang pernah dilakukan penilik selama melakukan pembimbingan pada PTK pada satuan PAUDNI. Bukan sekedar ide, namun sudah pernah dilaksanakan. [fep]