Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Nasional Tahun 2015

IMG_20150604_165401Medan (05/06/2015) Apresiasi (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015 dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Utara, Gatot Pujo Nugroho, di Lapangan Banteng Medan kemarin 5 Juni 2015. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Sumatera Utara menyatakan bahwa tantangan yang dihadapi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) PAUDNI lebih rumit dibanding pada jalur pendidikan formal.

Pelaksanaan Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2015 merupakan gelaran ke sembilan memiliki tema melalui Apresiasi PTK PAUDNI kita wujudkan PTK PAUDNI yang berkarakter dan profesional. Kegiatan tahun ini diikuti oleh 33 provinsi seluruh Indonesia yang masing-masing mengikuti 15 jenis lomba karya nyata atau lomba karya tulis serta lomba kelompok yaitu senam aerobik khas daerah dan paduan suara.

Plt. Direktur Jenderal PAUDNI Kemdikbud, Taufiq Hanafi, menyebutkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah agar PTK PAUDNI selalu berinovasi, berpikir cerdas, berkarakter, profesional dan memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dan sekaligus sebagai wadah untuk memberikan motivasi dan penghargaan.

Mendikbud dalam sambutan yang dibacakan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho menyatakan bahwa permasalahan yang dihadapi pada jalur pendidikan nonformal lebih rumit dibanding pendidikan formal, untuk itulah dibutuhkan PTK PAUDNI yang profesional, berdedikasi, berkarakter serta dibutuhkan jumlah yang sangat besar. Oleh karena itu pemerintah perlu memberikan apresiasi dan penghargaan kepada PTK PAUDNI.

“Tugas yang dihadapi sangat berat karena dalam memberikan layanan pendidikan nonformal tidak jarang PTK PAUDNI harus mendatangi peserta didik, dengan karakteristik yang sangat beragam baik letak geografis, kondisi sosial ekonomi, dan permasalahan lainnya. Pemerintah dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi yang penghargaan yang setinggi-tinggi kepada PTK PAUDNI yang telah membantu mewujudkan insan Indonesia yang cerdas dan kompetitif.” ungkap Mendikbud sebagaimana dibacakan Gubernur Sumatera Utara Gatot Pujo Nugroho.

Hari ini dan besok, 5-6 Juni 2015, akan diselenggarakan lomba karya nyata dan lomba karya tulis. Lomba karya nyata/karya tulis PTK PAUD dan lomba karya nyata PTK Kursus bertempat di Hotel Danau Toba Internasional Medan. Lomba karya nyata kelompok PTK Dikmas diselenggarakan di Hotel Garuda Plaza Medan. [fep]