Tanggal Kelulusan, Surat Keterangan Lulus dan Ijazah Pendidikan Kesetaraan

Yogyakarta (07/05/2020) Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 2 Mei 2020, satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan (PKBM/SKB) mengumumkan kelulusan peserta didik dari Program Paket C Setara SMA. Penetapan tanggal kelulusan tersebut mengacu pada Persesjen Kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020 pasal 7 ayat (1) Paket C diumumkan pada tanggal 2 Mei 2020, Paket B tanggal 5 Juni 2020 dan Paket A tanggal 15 Juni 2020. Kemudian ada pertanyaan terkait dengan tanggal Surat Keterangan Lulus dan tanggal penerbitan ijazah.

Mengacu pada Persesjen Kemdikbud di atas, pengumuman kelulusan ditetapkan secara nasional. Artinya satuan pendidikan diharapkan mengikuti ketentuan tanggal kelulusan sebagaimana diatur oleh pemerintah. Mungkin ada penyelenggara Program Paket C yang belum siap mengumumkan pada tanggal 2 Mei 2020 bisa saja agak terlambat melakukan pengumuman kelulusan peserta didik. Namun untuk kelulusan Paket B dan Paket A tidak bisa dilakukan mendahului tanggal yang ditetapkan walaupun sudah siap untuk diumumkan.

Berdasarkan ketentuan pasal 7 ayat (3) Persesjen Kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020 “kelulusan dituangkan melalui surat keterangan lulus dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah atau pejabat lain yang ditunjuk oleh pejabat yang berwenang”.  Dalam hal satuan pendidikan penyelenggara pendidikan kesetaraan pengertian Kepala Sekolah adalah Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) atau Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Tanggal penerbitan surat kelulusan sama dengan tanggal kelulusan oleh satuan pendidikan.

Pada pasal 7 ayat (4) disebutkan bahwa surat keterangan lulus mencantumkan rata-rata nilai ujian sekolah/rata-rata nilai ujian pendidikan kesetaraan. Pengertian rata-rata nilai ujian pendidikan kesetaraan adalah nilai setiap mata pelajaran yang sudah dilakukan pemboboton. Bagi satuan pendidikan yang menyelenggarakan UPK, nilai rata-rata UPK adalah penggabungan bobot nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan semester 6 dan nilai ujian pendidikan kesetaraan. Bagi satuan pendidikan yang tidak menyelenggarakan UPK, nilai rata-rata UPK adalah penggabungan bobot nilai rata-rata rapor semester 1 sampai dengan semester 5 dan nilai rapor semester 6. Di samping dicantumkan pula nilai rata-rata keseluruhan mata pelajaran. Contoh surat keterangan lulus dapat diunduh pada tautan ini.

Bagaimana dengan tanggal penerbitan ijazah? Pada pasal 7 ayat (5) Persesjen Kemdikbud Nomor 5 Tahun 2020 disebutkan bahwa tanggal penerbitan ijazah paling cepat sama dengan tanggal kelulusan. Ijazah pendidikan kesetaraan diperkirakan akan didistribusikan sampai satuan pendidikan pada akhir bulan Juni 2020. Walaupun penerimaan ijazah relatif lama, penulisan tanggal bisa ditulis sama dengan tanggal kelulusan yaitu 2 Mei 2020 bagi Paket C, 5 Juni 2020 bagi Paket B dan 15 Juni 2020 bagi Paket A. [fauziep]

10 tanggapan pada “Tanggal Kelulusan, Surat Keterangan Lulus dan Ijazah Pendidikan Kesetaraan”

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.