koran-anakYogyakarta (31/08) Untuk dapat melaksanakan peran dan fungsinya, merupakan suatu keharusan bagi TBM untuk melakukan peningkatan kapasitas kelembagaan agar mampu memberikan layanan kepada masyarakat dengan baik dan bermutu. Peningkatan kapasitas kelembagaan TBM meliputi: sumber daya fisik, sumber daya manusia, dan sumber daya finansial.

Sumber daya fisik

Sumber daya fisik yang ada di TBM dapat dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu: sumber daya fisik utama, dan sumber daya fisik pendukung.

a) Sumber daya fisik utama, adalah bahan bacaan. yaitu: semua jenis bahan bacaan dalam pelbagai bentuk media seperti: buku, majalah, tabloid, koran, CD dan lainnya. Perlu disadari bahwa bahan bacaan yang disediakan tiada lain  untuk melayani masyarakat sehingga masyarakat sebagai kelompok sasaran perlu diperhatikan secara sungguhsungguh, oleh karenanya penentuan bahan bacaan yang harus disediakan perlu memperhatikan: karakteristik masyarakat, kebutuhan nyata masyarakat, kemampuan baca masyarakat, dan sesuai dengan potensi lokal.

b) Sumber daya pendukung, adalah segala sesuatu yang diperlukan untuk mendukung pengelolaan TBM, antara lain: rak/almari buku, display buku baru, rak majalah, gantungan koran, meja kerja, dan fasilitas untuk membaca seperti: meja baca/bangku, alas duduk (tikar/kapet) dan kaca mata baca perlu juga disediakan.

Sumber Daya Manusia

Faktor utama dalam pengelolaan TBM adalah orang sebagai sumber daya manusia, sekurang-kurangnya terdapat 3 orang yang duduk dalam susunan organisasi yang melaksanakan pengelolaan TBM terdiri atas: 1 orang Ketua, 1 orang yang mengurusi adminstrasi dan teknis, dan 1 orang memberikan layanan kepada masyarakat sebagai pengguna/pengunjung. Dengan kata lain, susunan ornaginsasi TBM sekurangkurangnya terdiri atas:

  1. Ketua, mempunyai tugas: (1) memimpin TBM, (2) menyusun dan menetapkan program, (3) memajukan dan mengembangkan TBM, (4) melakukan hubungan kerjasama, dan (5) mengelola keuangan,
  2. Urusan Administrasi dan Teknis, mempunyai tugas: (1) mengurus administrasi dan surat menyurat, (2) mengadakan seleksi dan pengadaan bahan bacaan, (3) melaksanakan pengolahan bahan bacaan, dan (4) melaksanakan pengembangan bahan bacaan,
  3. Urusan Layanan, mempunyai tugas: (1) membuat tata tertib, (2) memberikan layanan TBM dan (3)melaksanakan administrasi keanggotanaan.

Sumber Daya Finansial

Setiap organisasi sedikit banyak pada dasarnya memerlukan biaya. Sesuai dengan prinsip penyelenggaraan TBM: dari, oleh, dan untuk masyarakat maka sumber daya finasial utamanya seharusnya digali melalui swadaya masyarakat. Untuk itu, perlu dilakukan identifikasi potensi dan kekuatan masing-masing warga sehingga dapat diolah dan dikembangkan menjadi sumber keuangan TBM.

Sumber: Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat, Ditjen PAUDNI Kemendikbud (2012)