IMG_20150304_093500Yogyakarta (04/03/15) Selama dua hari, 3 dan 4 Maret 2015, Balai Pengembangan Kegiatan Belajar DIY menyelenggarakan sosialisasi modul pembelajaran PAUD nonformal. Kegiatan ini merupakan sosialisasi panduan, model dan bahan ajar yang sudah disusun pada tahun 2014 dan diikuti oleh 50 orang pendidik dan pengelola PAUD nonformal di DIY.

“Meningkatkan kapasitas layanan paud oleh pendidik dan tenaga kependidikan PAUD nonformal, koordinasi dengan berbagai terkait, meningkatkan kualitas PTK pada setiap layanan PAUD. Kegiatan ini merupakan sarana yang strategis untuk menyamakan persamaan persepsi dalam pengelolaan dan penyelenggaraan PAUD nonformal,” demikian pengarahan Drs. Bambang Irianto, M.Pd., Kepala BPKB DIY pada saat pembukaan sosialisasi di Ruang A BPKB DIY Selasa kemarin, 3 Maret 2015.

Menurut Kepala Seksi Pemberdayaan, Emi Nurmaya, ada lima modul yang disosialisasikan yaitu (1) Panduan Magang bagi Pendidik PAUD; (2) model Penyelenggaraan PAUD Berbasis Budaya; (3) bahan ajar Stimulasi Anak Usia Dini melalui tembang dolanan anak; (4) bahan ajar Stimulasi Anak Usia Dini melalui Permainan Tradisional dan (5) bahan ajar Pengenalan Adat Istiadat bagi Anak Usia Dini. Model dan bahan ajar tersebut merupakan hasil karya pamong belajar BPKB DIY pada tahun 2014.

Teknis pelaksanaannya, secara bergantian selama dua hari para pengembang model dan penyusun bahan ajar menyampaikan substansi model/bahan ajar yang menjelaskan penggunaan kepada pendidik dan tenaga kependidikan PAUD nonformal yang hadir.

“Harapannya agar produk hasil pengembangan model dan bahan ajar yang sudah dihasilkan dapat disosialisasikan ke lapangan dan diterapkan,” tambah Emi Nurmaya. [fep]