BSNPYogyakarta (10/05) Adanya dua versi POS UN yang dapat diunduh pada laman Kemdikbud cukup membingungkan, apalagi POS sebelum revisi masih dicantumkan pada laman tersebut. Berbeda dengan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang hanya mencantumkan satu versi POS UN (yang sudah direvisi).

Kebingungan tersebut terkait dengan substansi pada halaman 22 terkait dengan paket soal UN untuk SMP/MTs, SMA/MA, dan Paket C. Pada POS hasil revisi disebutkan bunyi butir B.1.d “…menyiapkan sejumlah paket naskah soal UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Program Paket C dengan mempertimbangkan kesetaraan antarpaket.” Dalam mana tidak ada ketegasan setiap peserta ujian menerima soal yang berbeda, namun hanya disebutkan sejumlah paket naskah soal.

Baru saja beberapa saat yang lalu saya mendapatkan konfirmasi dari salah satu anggota BSNP, Prof. Dr. Jamaris Jamna, bahwa soal untuk UN SMP/MTs, SMA/MA, SMK, dan Program Paket C setiap peserta berbeda naskah soal. Artinya esensinya sama dengan POS UN UNPK yang belum direvisi. Alias ada 20 paket soal, karena satu ruang ujian maksimal adalah 20 orang peserta.