SKB Mavali DonggalaYogyakarta (02/09/2015) Boleh jadi inilah Sanggar Kegiatan Belajar  pertama yang berubah menjadi satuan pendidikan nonformal pasca surat edaran Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) 3 Juli 2015 lalu, yaitu Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Donggala. Sebelumnya di Jawa Tengah, sudah terlebih dahulu terjadi perubahan Sanggar Kegiatan Belajar Wonosobo menjadi satuan pendidikan nonformal sebelum terbitnya surat dari Dirjen PAUD dan Dikmas.

Sanggar Kegiatan Belajar Mavali Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah resmi berubah menjadi satuan pendidikan nonformal pada tanggal 12 Agustus 2015. Pengesahan perubahan tersebut dituangkan dalam Peraturan Bupati Donggala Nomor 48 Tahun 2015. Pencanangan perubahan pada tanggal 12 Agustus 2015 dipilih karena bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Donggala.

“Surat dari dirjen langsung ditindaklanjuti oleh Kepala Dinas Pendidikan dengan menyerahkan kepada kami untuk dibuatkan draf perbupnya. Kami semua bekerja selama kira-kira satu bulan dengan revisi yang berulang-ulang dari bagian hukum,” demikian diungkapkan Hermin Kalaena pamong belajar SKB Donggala.  Ditambahkan oleh Hermin Kalaena bahwa selama proses dilakukan lobi dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah di bawah koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Donggala.

Uniknya, Peraturan Bupati tersebut menyebutkan nomenklatur adalah Sanggar Kegiatan Belajar Mavali Kabupaten Donggala. Ada kata “Mavali” di belakang Sanggar Kegiatan Belajar. Mavali adalah kosa kata bahasa Kaili (bahasa daerah Donggala) yang berarti “menjadi pintar”.

Pada pasal 4 disebutkan bahwa satuan pendidikan nonformal Sanggar Kegiatan Belajar Mavali mempunyai tugas menyelenggarakan, membina, mendampingi dan membuat percontohan pelaksanaan program  pendidikan anak usia dini  dan pendidikan masyarakat. Adapun uraian fungsi kurang lebih sama dengan usulan dari Dirjen PAUD dan Dikmas sebagaimana tercantum dalam surat edaran nomor 1086/C.C4.I/PR/2015.

Selamat kepada Sanggar Kegiatan Belajar Mavali Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah! Ayo kabupaten/kota mana lagi yang akan menyusul?

Untuk mendapatkan naskah Peraturan Bupati Donggala nomor 48 Tahun 2015, dapat diklik tautan ini.