IMG_1712Tiga Raksa (01/04) Seminggu terakhir ini enam orang siswa SMA di Kabupetan Tangerang mendatangi Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Tangerang, menyatakan ingin pindah ke Kejar Paket C. Menariknya, permintaan pindah ini bukan karena siswa memiliki persoalan di sekolah asal tetapi karena memang ingin pindah ke Paket C.

Pada hari Kamis (25/04) mendaftar lima orang siswa asal SMA swasta, dan terakhir hari Senin (29/04) datang satu orang lagi. Bahkan diantaranya ada yang diantar langsung oleh orang tuanya.

Menurut Huriah, pamong belajar SKB Tangerang, sebagian besar alasan pindahnya siswa SMA ke Kejar Paket C adalah karena alasan ekonomi dan lokasi rumah yang lebih dekat ke SKB. Mereka menganggap Kejar Paket C lebih cair suasananya dibanding sekolah yan lebih ketat aturannya. Di samping itu pembelajaran dibekali dengan berbagai keterampilan seperti menjahit, sablon, tata boga, dan otomotif roda dua.

Kejar Paket C yang dikelola oleh SKB Kabupaten Tangerang yang beralamat di Jalan Arya Wangsa Kara 55 Tigaraksa ini memiliki 27 orang warga belajar tingkatan 5 dan 62 orang tingkatan 6. Setiap bulan warga belajar Paket C cukup membayar sebesar Rp. 10.000/orang/bulan.

Pada tahun lalu pindahnya siswa SMA ke Paket C di SKB Tangerang juga sudah terjadi, namun jumlah masih sedikit yaitu dua orang dan sekarang duduk di tingkatan 6 setara kelas XI.

”Sudah barang tentu kami tidak akan menerima siswa SMA yang tidak menyertakan surat pindah dari sekolah asal. Hanya siswa yang membawa surat pindah yang diterima”, tambah Huriah.