Siapa yang Melakukan Pemeriksaan Lembar Jawaban USBN?

Yogyakarta (14/04/2018) Masih banyak pertanyaan tentang siapa yang berwenang melakukan pemeriksaan lembar jawaban Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) pada pendidikan kesetaraan. Untuk menjawab hal tersebut ada baiknya kita cermati kembali POS USBN yang diterbitkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

Dalam BAB III Penyelenggaraan dan Pelaksana USBN huruf J mengatur tentang tugas dan kewenangan satuan pendidikan penyelenggara USBN, pada angka 12 disebutkan bahwa satuan pendidikan memiliki tugas dan kewenangan melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta USBN. Sementara itu pada BAB II huruf D disebutkan bahwa persyaratan satuan pendidikan pelaksana USBN adalah satuan pendidikan (yang programnya) terakreditasi.

Berdasarkan ketentuan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemeriksa lembar jawaban adalah satuan pendidikan yang terakreditasi sebagai pelaksana USBN. Dalam hal pendidikan kesetaraan, satuan pendidikan dimaksud adalah PKBM/SKB yang menyelenggarakan program Paket A, Paket B atau Paket C yang terakredtasi. Satuan pendidikan (PKBM/SKB) tersebut ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota sebagai pelaksana USBN. Satuan pendidikan menugaskan panitia untuk melaksanakan USBN termasuk melakukan pemeriksaan lembar jawaban peserta USBN.

Jadi jika ada PKBM/SKB yang menginduk ke satuan pendidikan lainnya, ia tidak berhak memeriksa lembar jawaban. Lembar jawaban USBN yang memeriksa adalah satuan pendidikan terakreditasi tempat PKBM/SKB tersebut menginduk. PKBM/SKB asal tinggal menerima hasil nilai USBN dari PKBM/SKB penyelenggara USBN..

Ketentuan pada BAB XII huru A menyatakan bahwa soal USBN pilihan ganda dapat diperiksa secara manual atau menggunakan alat pemindai. Sedangkan huruf B mengatur pemeriksaan soal uraian , yaitu (1) Soal bentuk uraian diperiksa secara manual oleh dua orang guru (tutor) sesuai mata pelajarannyapelajarannya, mengacu pada pedoman penskoran; (2) Jika terdapat selisih nilai antara kedua pemeriksa lebih dari 25% dari skor maksimum, pimpinan satuan pendidikan menugaskan pemeriksa ketiga; dan (3) Nilai akhir soal uraian adalah rerata nilai dari semua pemeriksa.

Pengolahan hasil USBN mengikuti ketentuan sebagai berikut (1) Nilai USBN merupakan gabungan nilai soal pilihan ganda dan nilai soal uraian, dengan rentang nilai 0 – 100. (2) satuan pendidikan menentukan pembobotan nilai pilihan ganda dan uraian dengan perbandingan yang proporsional. [fauziep]

2 tanggapan pada “Siapa yang Melakukan Pemeriksaan Lembar Jawaban USBN?”

  1. Betul demikian, pak sekarang masalahnya jadwal USBN tgl 18 utk pkt. C. Nanti tgl 27 sdh UNBK. Jadwalnya terlalu sempit. Sebelumnya anak sdh ujian kesetaraan bln Maret. Sarannya Jadwal Upk dganti dengan USBN. Perlu diketahui bahwa Tutor Paket Bukan PNS.

Komentar ditutup.