Selisih Rata-Rata Nilai Ujian Nasional Paket C IPS dan SMA IPS Hanya Satu Digit!

Yogyakarta (31/07/2018) Ternyata selisih rata-rata nilai ujian nasional antara SMA IPS dengan Paket C IPS tidak jauh-jauh amat. Rata-rata selisih nasional tidak sampai menyentuh dua digit tapi hanya satu digit, yaitu hanya 9. Hasil yang menggemberikan bagi lulusan pendidikan kesetaraan karena mereka ternyata tidak kalah (jauh) dengan lulusan SMA.

Secara nasional rata-rata nilai SMA IPS adalah 44,95 sedangkan rata-rata nilai Paket C IPS adalah 35,95. Rata-rata tersebut diambil dari empat mata pelajaran yang sama-sama diujikan baik di SMA maupun Paket C IPS, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan Ekonomi. Sedangkan mata pelajaran pada Paket C, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan, Geografi dan Sosiologi tidak dimasukkan dalam perbandingan karena tidak diujikan di SMA.

Tabel Rata-rata Nasional Nilai Ujian Nasional SMA IPS dan Paket C

Mata pelajaran yang paling kecil selisih reratanya adalah Bahasa Inggris, yaitu 3,52; disusul Matematika (5,53); Bahasa Indonesia (11,86) dan Ekonomi (15,09). Hal ini mengindikasikan mata pelajaran yang dipandang sulit, yaitu Bahasa Inggris dan Matematika, justru memiliki selisih yang rendah. Kondisi ini didukung fakta bahwa rerata nilai Matematika siswa SMA juga rendah.

Tabel Rata-rata Tingkat DIY Nilai Ujian Nasional SMA IPS dan Paket C

Namun demikian di wilayah DIY selisih rerata ujian nasional cukup tinggi, yaitu 18,37. Hampir semua mata pelajaran memiliki selisih dua digit. Rerata SMA IPS DIY adalah 57,72; sedangkan rerata Paket C IPS adalah 39,35. Selisih tertinggi adalah mata pelajaran Ekonomi disusul Bahasa Indonesia. Urutan selisih per mata pelajaran sama dengan rerata tingkat nasional dari yang terkecil Bahasa Inggris, Matematika, Ekonomi dan Bahasa Indonesia.

Rerata nilai ujian nasional Paket C di DIY (39.35) masih lebih tinggi dibandingkan rerata ujian nasional Paket C tingkat nasional (35,95).

Bagaimana selisih nilai ujian nasional Paket C di daerahmu dibandingkan dengan SMA? Dan bagaimana perbandingan dengan rerata nasional? [fauziep]

3 tanggapan pada “Selisih Rata-Rata Nilai Ujian Nasional Paket C IPS dan SMA IPS Hanya Satu Digit!”

  1. waaah ini berita yg menyenangkan pak Fauzi. Salut dg teman2 penggiat Diksetara. Sekaligus tantangan agar terus meningkatkan mutu Paket C.

    di kami (DKI) malah antara nilai USBN yg dibantu manajemen pelaksanaanya oleh provinsi nilai UNBK jauh lebih besar dari USBN bahkan menyetuh sampai 2 digit lebih. Sebagai contoh anak IPA di USBN nilai English 68 di UNBK 89.

  2. Perbandingan ini menjadi kurang valid untuk mengambil kesimpulan, mengingat (1) UN SMA IPS tidak sama dengan UN Pendidikan Kesetaraan; tingkat kesulitannya pun saya lihat berbeda; (2) Tidak terdapat transparansi apakah kunci UN Pendidikan Kesetaraan telah 100% tervalidasi.

    Sebagai contoh, di kota kami, anak-anak yang secara stabil mendapatkan nilai tinggi di mata pelajaran Matematika ternyata nilainya tidak melebihi 60 di UNBK. Melihat sekilas tingkat kesulitan UN Paket C yang tidak banyak berbeda dengan tahun sebelumnya, hasil ini menimbulkan tanda tanya besar di kalangan pendidik. Hal yang serupa terjadi untuk mata pelajaran Ekonomi.

  3. setuju tingkat kesulitan soal harusnya berbeda, karena pengembangan kurikulum Pendidikan Kesetaraan harusnya disesuaikan dengan input peserta didik nya yang notabene kebanyakan siswa putus sekolah atau mereka yang sudah bekerja namun ingin meng upgrade pengetahuan dan disahkan melalui ijasah lembaga pendidikan non formal.

Komentar ditutup.