Selama 2016 Sebanyak 896 Program di PKBM Ajukan Akreditasi

Yogyakarta (01/01/2017) Sampai dengan 20 Desember 2016 sebanyak 896 PKBM telah mengajukan akreditasi. Demikian penjelasan dari Lismanto, Kasi Kelembagaan Subdit Kelembagaan dan Kemitraan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Ditjen PAUD dan Dikmas Kemdikbud.

Pada kesempatan ini fauziep.com mencoba untuk menganalisis berdasarkan data pada DAPODIK DIKMAS (Desember 2016), yaitu terdapat 8.893 PKBM yang sudah entri data. Artinya baru 10,07% yang mengajukan akreditasi. Jika ditambah jumlah program PKBM yang sudah berstatus akreditasi per 16 Februari 2016 yaitu sejumlah 840 program (data BAN PAUD dan PNF), maka jumlahnya menjadi 1736 (19,5%). Angka tersebut diasumsikan setiap PKBM memiliki satu program. Presentase tersebut akan semakin kecil jika diasumsikan setiap PKBM memiliki lebih dari satu program.

Sementara itu pada tahun 2016 Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas telah mencanangkan Gerakan Akreditasi PKBM dengan target 1000 PKBM mengajukan akreditasi. Nampaknya target tersebut belum dapat tercapai. Belum tercapainya target tersebut dipengaruhi juga dengan adanya perubahan manajemen pada BAN PAUD dan PNF dalam mana akreditasi dikoordinasi oleh BAP PAUD dan PNF Provinsi tidak lagi ditangani oleh BAN PAUD dan PNF. Sementara itu sampai triwulan ketiga tahun 2016 ada beberapa BAP provinsi yang belum dapat melaksanakan tugas karena kendala administasi. Bahkan penetapan rekrutmen asesor baru ada yang selesai ditetapkan memasuki triwulan keempat (BAN PAUD dan PNF).

Dengan adanya kendala tersebut di atas, pencapaian angka 896 program PKBM yang mengajukan akreditasi sebenarnya sudah merupakan prestasi luar biasa. Sudah mulai ada kesadaran akan perlunya akreditasi bagi program yang dikelola oleh PKBM. Oleh karena itu pada kesempatan akhir tahun Lismanto menyampaikan ucapan terima kasih atas komitemen dan kerja keras para pengelola PKBM.