foto 25 agt 05 066Bekasi (03/02/2015) Bentuk sekolahrumah terdiri dari sekolahrumah tunggal, sekolahrumah majemuk dan sekolahrumah komunitas. Pada hakekatnya sekolahrumah tunggal dan sekolahrumah majemuk pembelajaran masih dikelola oleh orang tua, berbeda dengan sekolahrumah komunitas yang pada kenyataan banyak dikelola oleh lembaga. Lantas bagaimana perijinan penyelenggaraan sekolahrumah komunitas?

Banyak sekolahrumah komunitas berlabel atau berijin Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM). Sah-sah saja PKBM menyelenggarakan sekolahrumah. Dulu sekolahrumah berbaju PKBM untuk mensiasati agar peserta didik bisa mengakses ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK). Namun sejak tahun pelajaran 2015/2016 Badan Standar Standar Nasional Pendidikan (BSNP) memberikan ruang kepada pesekolahrumah untuk mengikuti UNPK dengan catatan terdaftar pada satuan pendidikan formal atau satuan pendidikan nonformal (POS UN 2015/2016). Bagi pesekolahrumah jalur pendidikan nonformal tidak harus terdaftar pada PKBM, bisa terdaftar pada satuan pendidikan nonformal sejenis (POS UN 2015/2016: persyaratan peserta UN dari pendidikan nonformal).

Pasal 6 ayat (4) Permendikbud nomor 129 Tahun 2014 disebutkan bahwa sekolahrumah komunitas wajib memperoleh izin pendirian satuan pendidikan nonformal  sebagai kelompok belajar  dari dinas pendidikan kabupaten/kota sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan. Persoalannya menurut Permendikbud nomor 81 Tahun 2013 tentang Ijin Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal kelompok belajar tidak menyelenggarakan pendidikan kesetaraan. Sementara itu dalam Permendikbud nomor 81 Tahun 2013 disebutkan adanya lembaga bimbingan belajar yang diberi kewenangan untuk menyelenggarakan pendidikan kesetaraan (pasal 4 ayat 7).

Oleh karena itu sekolahrumah komunitas akan lebih cocok untuk mengajukan ijin sebagai lembaga bimbingan belajar daripada PKBM. Ke depan Asosiasi Sekolahrumah dan Pendidikan Alternatif (ASAH PENA) yang dipimpin Kak Seto harus lebih aktif memperjuangkan satuan pendidikan nonformal, yaitu lembaga bimbingan belajar, yang menaungi sekolahrumah agar disebutkan secara eksplisit pada POS UN. Tidak lagi disebutkan sebagai satuan pendidikan sejenis.