Festival-Gerobak-Sapi-Perebutkan-Piala-Sultan-HB-XYogyakarta (18/06) Ratusan Bajingan mengikuti Festival Gerobak Sapi 2013 di Kompleks Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta. Minggu (16/05). Mereka berlomba mempercantik tampilan gerobak sapi masing-masing supaya bisa merebut piala bergilir dari Sri Sultan Hamengkubowono X.

Hebat ya para bajingan ini, mampu menunjukkan eksisitensinya sehingga yang kreatif bisa jadi menggondol piala bergilir dari Raja Yogyakarta. Jangan berpikir negatif dulu, para bajingan ini bukan dalam arti konotasi negatif seperti penjahat, pencopet, pencuri dan sejenisnya. Bajingan adalah sebutan bagi penarik gerobak sapi.

Pada tempo dulu, gerobak sapi merupakan alat transportasi untuk mengangkut hasil bumi dari desa ke kota atau pusat perdagangan. Perjalanan bisa memakan waktu sehari bahkan berhari-hari, sehingga tidak jarang penarik gerobak sapi harus menginap di tengah jalan di atas gerobak. Ketika menginap di tengah jalan, atau di dalam perjalanan gerobak sapi yang penuh dengan hasil panen rawan dari gangguan perampok.

Ada di antara mereka yang punya nyali dan mampu melawan perampok. Namun tidak sedikit petani yang tidak punya nyali, sehingga mengumpulkan orang yang bisa berkelahi atau punya nyali untuk melawan perampok guna melindungi muatan gerobak sapi dari jarahan perampok. Orang-orang yang punya nyali dan berani berkelahi dengan perampok  inilah yang disebut bajingan.

Karena banyak penarik gerobak sapi yang didampingi bajingan, dan penarik gerobak mampu mengatasi perampok maka lama kelamaan istilah bajingan melekat pada diri mereka.

Festival Gerobak SapiMaka tak heran jika festival para bajingan yang dihelat pada hari Minggu lalu di Sleman dihadiri oleh Gubernur Sri Sultan Hamengkubowono X dan istri GKR Hemas, Kapolda DIY Brigjen Pol Haka Astana dan Bupati Sleman Sri Purnomo. Karena acara ini dalam rangka nguri-uri tradisi. Bahkan dalam acara ini para tamu kehormatan datang naik sebuah gerobak sapi yang dikendalikan seorang bajingan.

Sumber foto: http://jogja.tribunnews.com/2013/06/14/festival-gerobak-sapi-minggu-besok-di-maguwoharjo/

http://www.facebook.com/photo.php?fbid=10151437282337477&set=np.76739686.1392908474&type=1&ref=notif&notif_t=notify_me&theater