Yogyakarta (29/01/2014) Usia punggawa Timnas U-19 rata-rata memasuki jenjang perguruan tinggi. Sebagian dari punggawa timnas tersebut selama ini mengikuti proses pendidikan dengan pola homeschooling pada jenjang pendidikan menengah.

Ketika ada pemikiran dari Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin, akan memasukkan mereka ke perguruan tinggi swasta kini malah ada tawaran dari pihak Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bisa menerima punggawa timnas tanpa tes.

“Kemarin untuk memasukkan kuliah mereka, berangan-angan ke swasta saja sudah luar biasa. Namun ini justru mendapat di kampus negeri, sehingga sangat bersyukur. Ini penghargaan luar biasa dari UNY.” Kata Djohar Arifin saat mengunjungi latihan timnas U-19 di Stadion UNY, Senin (27/01). Selain itu mereka juga dibebaskan untuk memilih jurusan yang diinginkan.

Timnas U-19 akan dipertahankan hingga SEA Games 2017. Selama periode tersebut dikhawatirkan program latihan sepakbola akan menghadapi kebosanan. Dengan mengikuti kuliah para pemain diyakini akan punya aktivitas lain yang sekaligus jadi bekal masa depan mereka. [fep/BrnJogja]