Logo Presiden RIYogyakarta (19/04/2014) Kini Pamong Belajar dan Penilik tidak perlu lagi mengajukan perpanjangan batas usia pensiun. Berdasarkan Peraturan Presiden nomor 21 Tahun 2014 Pamong Belajar Madya dan Penilik langsung dipensiun pada usia 60 tahun. Bedanya bagi pamong belajar yang dipensiun 60 tahun harus sudah menduduki Pamong Belajar Madya, sedangkan bagi penilik berlaku untuk semua jenjang jabatan penilik.

Pasal 2 ayat (2) b. 2) menyatakan bahwa jenis jabatan fungsional  jenjang ahli madya dan ahli utama batas usia pensiun pada usia 60 tahun. Tidak ada lagi kata dapat, artinya langsung dipensiun pada usia 60 tahun. Pamong belajar masuk pada ketentuan tersebut. Pamong belajar yang pada usia 58 masih menduduki jabatan Pamong Belajar Pertama dan Pamong Belajar Muda dipensiun menurut ketentuan pasal 2 ayat (2) a., yaitu pensiun pada usia 58 tahun.

Sedangkan penilik diatur pada pasal 2 ayat (2) b. 7) dimana semua jenjang jabatan penilik langsung pensiun pada usia 60 tahun.

Dengan terbitnya Peraturan Pemerintah yang ditandatangani Presiden pada tanggal 19 Maret dan berlaku sejak tanggal 30 Januari 2014 ini, maka tidak ada lagi perpanjangan batas usia pensiun (BUP) atau mengajukan perpanjangan BUP karena sudah diatur dengan pasti oleh peraturan pemerintah tersebut.

Untuk mengunduh Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2014 secara lengkap dapat diunduh di sini.