PKBM Mandiri Bantul Menyelenggarakan Workshop Kurikulum 2013 Secara Mandiri

Yogyakarta (13/08/2018) PKBM Mandiri Bantul secara swadaya menyelenggarakan Workshop Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan pada Minggu, 12 Agustus 2018 di Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Kegiatan diikuti sejumlah 28 orang yang terdiri dari 16 orang tutor PKBM Mandiri Bantul dan 12 orang mitra pelaku sekolahrumah. Workshop menghadirkan dua narasumber pamong belajar dari BP PAUD dan Dikmas DIY yaitu M.Th. Yetti Pudiyantari, M.Pd. dan Fauzi Eko Pranyono.

“Melalui kegiatan workshop ini diharapkan tutor dan mitra pelaku sekolahrumah memiliki pemahaman tentang implementasi Kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan. Harapan kami setelah workshop ini tutor dan mitra pelaku sekolahrumah mampu menerapkan kurikulum 2013 di PKBM Mandiri Bantul,” demikian Yuli Sutanta, AMd menjelaskan. “Kegiatan ini dilaksanakan secara swadaya PKBM Mandiri, namun kami mohon ijin dan koordinasi dengan Dinas Pendidikan agar diberi fasilitas tempat”, tambah Yuli Sutanta selaku Ketua PKBM Mandiri Bantul. Kegiatan Workshop dibuka oleh Kepala Bidang PAUD PNF Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bantul, Tatik Windari, S.Sos, M.SE.

Sesi pertama M.Th. Yetti Pudiyantari menjelaskan tentang struktur kurikulum, kontekstualisasi KI-KD dan implementasi pembelajaran berbasis modul pada kurikulum 2013 pendidikan kesetaraan. Sesi kedua Fauzi Eko Pranyono menjelaskan tentang penilaian hasil belajar kurikulum 2013 dan legalitas sekolahrumah. Penjelasan legalitas sekolahrumah menjadi penting karena banyak pelaku sekolahrumah yang bermitra dengan PKBM Mandiri. Hal tersebut perlu diberikan pencerahan agar orang tua sekolahrumah menjadi tenang karena mendapatkan kepastian dan jaminan hukum.“Saya sebagai ketua penyelenggara merasa puas karena peserta antusias mengikuti setiap sesi dari narasumber. Banyak pertanyaan dan diskusi yang berkembang. Saya ingin kegiatan workshop seperti ini akan dilakukan secara rutin setiap tahun,” kata Yuli Sutanta menutup pembicaraan. [fauziep]

Tinggalkan Balasan