Pemberian apresiasi bagi PTK PAUDNI berprestasi dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Pada masing-masing tingkat melombakan dua belas jenis lomba perorangan, khusus untuk tingkat nasional ditambah dengan dua jenis lomba kelompok. Peserta lomba tingkat provinsi terdiri atas pemenang lomba yang dilaksanakan di tingkat kabupaten/kota, sedangkan peserta lomba tingkat nasional merupakan pemenang lomba tingkat provinsi.

Untuk melaksanakan pemilihan atau lomba setiap jenis lomba, baik perorangan maupun kelompok, diperlukan petunjuk teknis penilaian. Adapun petunjuk teknis dapat diunduhdisini. Petunjuk teknis tersebut memberikan acuan bagi penyelenggara dan penilai dalam melaksanakan dan menilai kegiatan lomba dalam rangka pemberian apresiasi bagi PTK PAUDNI berprestasi tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional.

Lomba dalam apresiasi PTK PAUDNI dibagi kategori lomba karya nyata, lomba karya tulis, dan pembelajaran. Di samping itu ada lomba kelompok, yaitu senam sajojo dan paduan suara.

Lomba karya nyata adalah hasil pengalaman langsung sebagai PTK-PAUDNI baik individual maupun kelompok pada bidang pembelajaran atau pengelolaan program/kegiatan PAUDNI yang memiliki nilai-nilai keunggulan/ kekhasan/keunikan tertentu (bukan hasil penelitian/penelitian tindakan) yang dapat diadopsi oleh PTK-PAUDNI lainnya, tidak perlu mengutip peraturan, teori dan daftar pustaka.

Termasuk dalam lomba karya nyata adalah (1) Pengelolaan PAUD Terpadu (TK/KB/TPA/SPS) untuk pengelola PAUD, (2) Strategi Pengelolaan Jejaring Kerja untuk Kemandirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) untuk pengelola PKBM, dan (3)Inovasi Pemasaran Lembaga Kursus dan Pelatihan terhadap Program dan Produk Kursusuntuk pengelola Kursus.

Sedangkan lomba karya tulis melipui (1) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif bagi PAUDNI untuk Pamong Belajar, (2) Pendekatan Pembelajaran Kecerdasan Jamak untuk Anak Usia Dini untuk pendidik PAUD, dan (3) Metode Pelaksanaan Pembimbingan terhadap PTK PAUDNI dalam Penyelenggaraan PAUDNI untuk Penilik. Ada perubahan tema lomba untuk pamong belajar, di mana pada awalnya media pembelajaran interaktif bagi PAUD berubah menjadi PAUDNI.

Lomba pembelajaran yang juga termasuk kategori pembelajaran diikuti oleh (1) pembelajaran seni tari tradisional bagi instruktur seni tari, (2) pembelajaran senimerangkai bunga dan desain floral bagi instruktur kursus seni merangkai bunga, (3) pembelajaran tata kecantikan rambut tentang sanggul daerah bagi instruktur kursus tata kecantikan rambut, (4) pembelajaran pembuatan hantaran pengantin yang dimodifikasibagi instruktur kursus hantaran, (5) pembelajaran pembuatan busana nasional wanita dengan sentuhan daerah bagi instruktur kursus tata busana, dan (6) pembelajaranpembuatan animasi pendidikan karakter bagi anak usia dini bagi instruktur kursus komputer.

Juknis penilaian bisa diunduh disini.

Sumber: www.jugaguru.com