Petunjuk Penulisan Ijazah Pendidikan Kesetaraan

Jakarta (01/06/2017) Mulai tahun 2017 blangko ijazah pendidikan kesetaraan ada perbedaan dibandingkan ijazah tahun sebelumnya. Perbedaan itu terletak pada penandatangan ijazah yang bukan lagi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, tapi pimpinan satuan pendidikan yaitu Ketua PKBM atau Kepala SKB. Ijazah ditandatagani oleh satuan pendidikan asal, bukan oleh satuan pendidikan terakreditasi.

Beberapa ketentuan ijazah pengisian ijazah dapat disampaikan berikut ini. Ijazah terdiri dari dua muka dicetak bolak-balik, dimana identitas dan redaksi di halaman muka, hasil ujian/daftar nilai ujian di halaman belakang. Nilai di halaman belakang terdapat dua nilai yaitu (1) nilai rata-rata derajat kompetensi atau nilai rata-rata semester; dan (2) nilai ujian pendidikan kesetaraan. Tidak ada pembobotan (persentase) antara nilai rata-rata semester dan nilai ujian pendidikan kesetaraan. Apalagi pembobotan (persentase) dengan nilai ujian nasional, karena ujian nasional tidak menentukan kelulusan. Tidak ada pembobotan dengan nilai ujian nasional.

Ijazah  Paket A, Paket B, dan Paket C diisi oleh panitia penulisan Ijazah  yang dibentuk oleh Kepala SKB/Ketua PKBM. Jadi sebelum melakukan penulisan ijazah harus dibentuk panitia penuisan ijazah, panitia ini bertanggungjawab dan bertugas melakukan penulisan ijazah seseuai ketentuan yang berlaku.

Panitia dan petugas penulisan ijazah harus memahami betul berbagai peraturan terkait dengan ijazah dan penulisan ijazah. Peraturan tersebut dapat diunduh pada pranala berikut ini.

  1. Permendikbud Nomor 14 Tahun 2017 tentang Ijazah dan SHUN;
  2. Perka Balitbang Kemdikbud Nomor 018/H/EP/2017 Bentuk, Spesifikasi, Pencetakan/Penggandaan, Pendistribusian, dan Pengisian Blangko Ijazah Pada Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017;
  3. Petujuk Teknis Pengisian Blangko Ijazah Satuan Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Tahun Pelajaran 2016/2017 (Lampiran III. Perka Balitbang Kemdikbud Nomor 018/H/EP/2017);
  4. Contoh blangko ijazah Paket A;
  5. Contoh blangko ijazah Paket B;
  6. Contoh blangko ijazah Paket C.

[fauziep]

5 tanggapan pada “Petunjuk Penulisan Ijazah Pendidikan Kesetaraan”

  1. tapi di kalangan diksetara yg sy alami pemberitahuan sedetsil ini blm pernah kita dapatkan secara utuh. baru di sini.. matur suwun pak Fauzi.

  2. Kapan di keluarkan-nya ijasah apakah dari pusat atau provindi khususnya ijasah paket c. Banyak yang mau meneruskn

Komentar ditutup.