Perhatikan Deskripsi Topik Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas: Tutor Paket C untuk Tutor Mapel Keterampilan Fungsional

Yogyakarta (07/04/2017) Salah satu kelemahan calon peserta Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas adalah kurang cermatnya membaca pedoman penilaian. Pedoman penilaian setiap jenis lomba memiliki karakteristik masing-masing dan berbeda antara satu dengan lainnya. Topik lomba menjadi hal pertama yang perlu dicermati sebelum melakukan persiapan menulis karya nyata.

Topik lomba karya nyata Tutor Paket C adalah “Pengembangan pendidikan vokasi yang kreatif dan inovatif dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan.” Topik ini mengandung dua kunci, pertama adalah “pengembangan pendidikan vokasi” dan “dalam rangka meningkatkan jiwa kewirausahaan”. Kunci pertama mengindikasikan bahwa yang ditulis adalah upaya pengembangan pendidikan vokasi yang kreatif dan inovatif. Pendidikan vokasi berbeda dengan pendidikan kecakapan hidup (life skills). Kecakapan hidup terdiri dari vocational skills dan soft skills. Karena itulah pendidikan vokasi merupakan bagian dari pendidikan kecakapan hidup yang berupa pendidikan keterampilan. Kunci kedua, pendidikan vokasi ini diarahkan dalam rangka meningkatkan jiwa wirausaha.

Dengan demikian dalam karya nyata harus mengandung upaya pengembangan pendidikan vokasi yang dilakukan serta di dalamnya ada bukti bahwa upaya tersebut mampu meningkatkan jiwa wirausaha.

Standar Isi pendidikan kesetaraan mengatur bahwa orientasi olah karya pada Paket C adalah penguasaan keterampilan berwirausaha (Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007). Penguasaan keterampilan berwirausaha dapat dilaksanakan melalui pendidikan vokasi. Pendidikan vokasi dapat berupa keterampilan kursus yang sifatnya terstruktur maupun tidak terstruktur. Keterampilan kursus yang terstruktur adalah jenis kursus yang memiliki standar kompetensi lulusan yang ditetapkan oleh Kemendikbud. Sedangkan keterampilan kursus yang tidak terstruktur adalah  jenis keterampilan yang tidak memiliki standar kompetensi lulusan yang ditetapkan secara nasional, misalnya membuat telur asin, ceriping pisang, membuat batako dan lain sebagainya.

Pendidikan vokasi pada Paket C dilaksananakan pada mata pelajaran keterampilan fungsional sesuai dengan struktur kurikulum Program Paket C. Pada saat struktur kurikulum Paket C dibuat pada tahun 2007 belum populer istilah pendidikan vokasi. Saat itu dalam struktur kurikulum adalah mata pelajaran keterampilan fungsional, dalam terminologi sekarang dikenal pula dengan pendidikan vokasi.

Artinya pendidikan vokasi tidak bisa melekat pada mata pelajaran yang bersifat akademik, misalnya Pendidikan Kewarganegaraan, Geografi, Sosiologi, Fisiki, Kimia, Sejarah dan lain lain. Berbeda dengan pengembangan soft skills yang bisa diintegrasikan pada mata pelajaran akademik sesuai dengan karakter kompetensi dasar dan indikatornya.

Penjelasan terkait soft skills hanya berlaku untuk topik lomba karya nyata Tutor Paket A dan Tutor Paket B. Pada topik Tutor Paket A dan Tutor Paket B mengandung kunci kecakapan hidup bukan pendidikan vokasi, jadi bisa diintegrasikan pada mata pelajaran lainnya. Sehingga pada lomba karya nyata Tutor Paket A dan Tutor Paket B yang maju lomba bisa tutor mata pelajaran apa pun. Berbeda dengan Tutor Paket C.

Tutor Paket C yang hendak maju pada lomba karya nyata Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas tahun 2017 ini adalah tutor yang mengampu mata pelajaran keterampilan fungsional. Tutor yang mengampu mata pelajaran keterampilan fungsional diminta untuk menuliskan dan menyampaikan pengalaman baik (best practice) dalam mengembangkan pendidikan vokasi sehingga mampu meningkatkan jiwa kewirausahaan sesuai dengan orientasi olah karya pada Paket C.

Maksud lain diangkatnya topik ini ada dua hal, pertama ingin mengetahui sejauhmana implementasi orientasi olah karya sebagaimana diatur dalam Permendiknas nomor 14 Tahun 2007. Dalam mana Paket C tidak hanya memberikan bekal pengetahuan akademik, namun juga memberikan bekal keterampilan. Kedua, mendukung kebijakan pemerintah agar pendidikan vokasi dilaksanakan dengan optimal untuk memberikan bekal agar peserta didik dapat memasuki dunia kerja dan atau berwirausaha. [fauziep]

1 tanggapan pada “Perhatikan Deskripsi Topik Apresiasi GTK PAUD dan Dikmas: Tutor Paket C untuk Tutor Mapel Keterampilan Fungsional”

Komentar ditutup.