Pengawas APSI 006Tangerang (10/04) Asosiasi Pengawas Sekolah Seluruh Indonesia (APSI) akan menyelenggarakan Musyawarah Nasional pada tanggal 21-15 Mei 2013 mendatang di Jakarta. Direncanakan pada Munas tersebut salah satu agendanya akan membahas bergabungnya penilik ke APSI.

Sinyal tersebut dikemukakan oleh Drs. Widji Purwanta, M.Pd., Pengawas Sekolah Jakarta Selatan, yang juga salah satu pengurus APSI Provinsi DKI selaku tuan rumah Munas APSI tahun 2013. “Ada permintaan dari penilik di daerah untuk bergabung ke APSI, dan kami akan membahasnya di Munas yang akan datang”, ungkap Widji Purwanta.

Ketika fauziep.com bertanya apakah Ikatan Penilik Indonesia selaku wadah organisasi penilik sudah mengajukan permintaan secara resmi, dijawab bahwa permintaan tersebut dilakukan secara informal. Bukan oleh IPI. “Mengapa kita harus terkotak-kotak? Toh cara kerja kita sama, hanya sasarannya yang berbeda.” demikian Widji menyebutkan alasannya mengapa APSI mempertimbangkan menerima penilik bergabung.

Widji Purwanta menjelaskan salah satu agenda Munas APSI tersebut di sela-sela acara pembukaan pembahasan perangkat supervisi UNPK Paket C tahun 2013 yang diselenggarakan Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Dikmen Kemdikbud di Hotel Great Western, Tangerang, Banten. Acara yang tidak dihadiri satu pun insan penilik, namun dari 28 orang peserta justru hadir tiga orang pengawas. Padahal membahas perangkat supervisi UNPK Paket C yang merupakan program pendidikan nonformal, yang menjadi sasaran tugas penilik.