Pengelola Kursus Ngeblog 2Hari ini (4/2/2012) untuk kali kedua diselenggarakan pelatihan ngeblog bagi pengelola kursus di DIY. Setelah minggu lalu (28/1/2012) diadakan tiga angkatan untuk 60 orang. Hari ini diselenggarakan dua angkatan untuk 40 orang. Pertimbangan utama diadakan pelatihan ngeblog ini karena masih banyak di antara 170 lembaga kursus di DIY yang belum menyajikan informasi melalui internet, padahal masyarakat membutuhkan sangat informasi yang cepat dan valid tentang lembaga kursus. Melalui media blog ini diharapkan pengelola kursus dapat menginformasikan seputar kursus yang diselenggarakan oleh lembaga, sekaligus sebagai media promosi.

Pelatihan ngeblog ini diselenggarakan oleh DPD HIPKI DIY dan DPD FPTI PNF bertempat di Balai Pengembangan Kegiatan Belajar DIY sebagai penyedia tempat (Laboratorium Komputer).

Perdana Afif Luthfie, MT, Ketua DPD HIPKI DIY (28/1/2012) mengharapkan jika lembaga kursus sudah memiliki webblog akan dihimpun dalam portal dan di-link ke web Dinas Dikpora DIY. Masih menurut Afif, tidak semua pengelola lembaga kursus memiliki web, biasanya lembaga kursus yang sudah mapan saja yang memiliki web. Untuk itulah pada kesempatan pelatihan ngeblog ini menggunakan blogdetik sebagai platformnya karena tidak berbayar alias gratis. Sehingga bisa diakses oleh lembaga kursus yang memiliki keterbatasan sumber daya.

Dipilih blogdetik sebagai blog pengelola kursus karena beberapa pertimbangan, pertama server di Indonesia sehingga lebih cepat untuk mengakses; kedua berbasis bahasa Indonesia sehingga lebih cepat dikuasai oleh pengelola kursus yang terbatas kemampuan bahasa inggrisnya, dan ketiga blogdetik memiliki komunitas sehingga secara tidak langsung akan dipromosikan melalui jaringan komunitas blogdetik.

Melalui pelatihan ngeblog ini diharapkan peserta dapat memposting profil lembaga, jenis kursus yang diselenggarakan, berita aktivitas lembaga, bahkan sampai berapa biaya kursusnya. Sehingga dengan demikian masyarakat akan mendapatkan informasi yang cepat tentang sebuah lembaga kursus.