Pengamanan UNPKTangerang (12/04) Tahun 2013 ini menjadi tahun ujian peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK), ujian dalam arti yang sebenarnya. Untuk pertamakalinya pelaksanaan UNPK dilaksanakan pada hari yang sama dengan UN formal. Lebih dari itu pelaksanaan UNPK kali ini berlangsung lebih ketat, mulai dari hulu hingga hilir. Apa saja itu?

Untuk pertamakalinya UNPK melibatkan perguruan tinggi. Perguruan tinggi berperan pada pelaksanaan dan pengawasan UNPK. Penggandaan naskah soal UNPK dikendalikan oleh perguruan tinggi, demikian pula distribusi soal dari percetakan sampai ke titik simpan terakhir.

Di samping itu dibentuk pula tim pengawas satuan pendidikan oleh perguruan tinggi sebagaimana pada pelaksanaan UN formal.

Penggunaan barcode menyebabkan variasi naskah soal yang jumlahnya 20 paket tidak bisa terdeteksi. Jika ada yang mengaku memiliki kunci jawaban dan menjual kunci jawaban bisa dipastikan palsu, karena peserta ujian tidak bisa mendeteksi paket soal mana yang sedang ia kerjakan.

Tahun 2012 lalu, satuan pendidikan penyelenggara UN SMA/MA/SMK mengirimkan lembar jawab ujian nasional (LJUN) ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota kemudian diteruskan ke tempat pemindaian di perguruan tinggi negeri. Pada tahun 2013 ini, pengawas satuan pendidikan (unsur perguruan tinggi) yang membawa LJUN ke tempat pemindaian di perguruan tinggi negeri. Ketentuan ini berlaku sama untuk UN dan UNPK.

Di beberapa daerah memang ada yang belum memberlakukan sistem silang bagi pengawas ruang UNPK. Walaupun pengawas ruang yang juga tutornya sendiri demikian akan sulit memberikan kunci jawaban kepada peserta UNPK, karena naskah soal terdiri dari 20 paket. Berarti harus menggerakkan 20 tutor mata pelajaran untuk membuat kunci jawaban, di samping itu hal yang mustahil untuk memperoleh naskah soal untuk semua paket soal dari naskah soal yang terpakai. Karena itu pula modus operandi memperbaiki lembar jawaban pun menjadi mustahil.

Nampaknya berbagai modus yang sudah jamak terjadi telah diendus pemerintah, dan diciptakanlah sistem pengamanan berlapis. Karena itulah, daripada berbuat curang marilah UNPK dengan bermartabat.

Baca juga Tip UN dan UNPK: Bubuhkan Identitas Baru Pisahkan LJUN dari Naskah Soal