pindul 1

Yogyakarta (03/10) Tidak sulit untuk menemukan Goa Pindul di Gelaran, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul. Setelah satu jam mengendarai kendaraan pribadi dari Yogyakarta sebelum masuk kota Wonosari tiba di bundaran Siyono ambil belok kiri. Di sini mulai banyak penunjuk jalan, yang umumnya mereka ini sebenarnya adalah tukang ojeg. Mereka akan menawarkan jasa hantaran ke Goa Pindul kepada setiap mobil luar kota yang masuk bundaran Siyono. Walau agak risih dengan teriakan “guide tour” dadakan itu, tapi mereka tidak akan mengutip bayaran. Mereka akan mendapatkan fee dari pengelola wisata Goa Pindul.

pindul 2

Setelah 10 km dari bundaran Siyono, atas jasa penghantaran tadi kami sampai ke Goa Pindul di sisi selatan. Ada dua pintu masuk Goa Pindul, selatan dan utara. Kami memilih sisi selatan di Dusun Gelaran II yang dikelola oleh Karang Taruna. Untuk menikmati keindahan Goa Pindul kita dikutip biaya sebesar Rp. 25.000 per orang, termasuk ban pelampung, rompi pelampung, sepatu air serta jasa pemandu wisata yang akan menjelaskan segala sesuatu tentang Goa Pindul serta mengamankan perjalanan penelusuran di dalam goa.

Begitu datang dan membayar retribusi kita akan disuguhi medang jahe hangat yang bisa diambil sendiri di depan loket pendaftaran. Sambil minum wedang jahe hangat kita bisa menikmati irama gamelan yang ditabuh para ibu-ibu setempat yang rata-rata sudah sepuh usianya. Kita bisa menikmati sajian gamelan ini sepuasnya karena harus sabar antri mendapatkan peralatan. Antrian panjang biasanya terjadi di hari Sabtu, Minggu atau libur nasional lainnya. Harus sabar.com

Goa Pindul menjadi fenomenal karena biasanya jika ingin melakukan rekreasi di wilayah Gunungkidul harus jauh ke pantai atau kawasan selatan Gunungkidul yang jauh dari Kota Wonosari. Goa Pindul hanya berjarak 10 km saja dari Wonosari. Lebih dari itu, Goa Pindul dikelola oleh masyarakat setempat. Pengelolaan serius Goa Pindul dimulai tahun 2010 ketika masyarakat setempat mendapatkan bantuan dari PNPM pariwisata dan bantuan berlanjut pada tahun 2011. Dana bantuan PNPM digunakan untuk membangun infrastruktur dan peralatan wisata goa serta melatih pemuda dan masyarakat setempat untuk menjadi pemandu dan pengelola wisata yang handal.

pindul 3

pindul 4

Setelah peralatan diterima dan dipasang, maka pemandu wisata memberikan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan dan sudah barang tentu menjelaskan berbagai hal terkait dengan keamanan selama melakukan penelusuran goa.

pindul 5

 

pindul 6

pindul 7

Panjang lintasan Goa Pindul sejauh 350 meter yang digenangi air mulai dari kedalaman rendah hingga  15 meter. Lintasan goa dapat ditempuh selama 45-60 menit. Durasi selama itu termasuk berbagai penjelasan dari pemandu wisata tentang goa dan jenis batuan yang dapat disaksikan di dalam goa. Dalam lintasan goa terdapat 3 zona yang dapat dilewati yaitu terang, remang-remang dan gelap sehingga selain tampak takjub wisatawan akan dibuat penasaran dan sedikit tegang. Karena itulah selama melakukan penelusuran semua rombongan harus bergandengan satu sama lain agar tidak terpisah dan di bawah bimbingan pemandu wisata.

pindul 8

 

pindul 9

Sampai di ujung goa kita akan naik ke atas dan sudah menunggu angkutan yang membawa rombongan kembali ke pintu masuk. Di sinilah kita bisa menikmati suasana desa yang masih alami sambil menaiki kendaraan Colt T lama yang biasanya untuk mengangkut hewan ternak ke pasar hewan… Justru mengasyikkan.

pindul 10

Jangan lupa anda membawa pakaian ganti jika wisata ke Goa Pindul, karena pasti basah. Kalau takut basah, jangan coba ke Goa Pindul. Tapi akan rugi karena melewatkan keindahan Goa Pindul dalam keremangan, kegelapan dan kebasahan…

Alhamdulillah, beruntung saya hari itu bisa menikmati Goa Pindul bersama tim Kinara Kinari Yogyakarta. Dan sebelum meluncur ke Yogyakarta malam harinya tak lupa menikmati jamuan sayur lombok ijo dan ayam kampung muda di rumah Direktur PKBM Ngudi Kapinteran. Benar-benar mak nyuss!!