Pendidikan Vokasi Ala PKBM Pusaka Indonesia Berau

Tanjung Redeb (22/04/2017) Berdasarkan fakta bahwa lulusan Paket C bingung akan kerja apa, maka PKBM Pusaka Indonesia menggulirkan Paket C Plus. Sebenarnya Paket C Plus tersebut mirip dengan Paket C Vokasi. “Tapi saya ndak ngerti pak, saya bikin sendiri aja.. Karena setelah Paket C bingung mau kerja atau apa”, kata Eri Agustina Ketua PKBM Pusaka Indonesia ditemui di sela-sela ujian nasional pendidikan kesetaraan Paket C di Kabupaten Berau Kalimantan Timur (22/04/2017).

“Kami punya dua pilihan, mereka yang ingin berwirausaha  ada kelompok usaha paving block dari sampah plastik serta pelatihan operator alat berat dan  mekanik.” tambah Eri Agustina. Peserta didik yang ingin berwirausaha dilatih keterampilan produksi paving block dari sampah plastik. Sedangkan peserta didik yang ingin bekerja pada perusahaan tambang atau perkebunan sawit diberi pelatihan operator alat berat dan mekanik.

Pelaksanaan keterampilan produksi paving block dari sampah plastik dilakukan di PKBM Pusaka Indonesia. Sedangkan pelatihan operator alat berat dan mekanik dilakukan oleh Berau Training Center. Pelaksanaan pendidikan keterampilan atau pelatihan dilakukan setelah peserta didik mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan. Khusus pelatihan operator dan mekanik dilaksanakan dengan karantina di Berau Training Center.

Berau Training Center adalah salah satu lembaga latihan pemerintah yang menyelenggarakan pelatihan tenaga kerja industri/perusahan senantiasa mengembangkan potensi dan kebutuhan daerah Berau. Berau Training Center ini berdiri atas kerjasama PT. Berau Coal dan Pemerintah Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Pengelolaan operasional Berau Training Center oleh PT. Berau coal sampai siap mandiri kemudian diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Berau. PT. Berau coal menunjuk Yayasan Dharma Bhakti Berau Coal (YDBBC) sebagai pengelolah operasional Berau Training Center. Dengan Berau Training Center inilah PKBM Pusaka Indonesia melakukan kerja sama dengan melatih peserta didiknya yang sudah mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan.

Adapun program pendidikan vokasi yang dikerjasamakan dengan Berau Training Center adalah teknik pendingin, teknik welding, teknik kendaraan ringan, mekanik alat berat, operator alat berat, teknik gambar bangunan, budidaya unggas ayam, dan otomotif painting. Semua program ini dilaksanakan secara karantina di Berau Training Center.

Tanpa disadari pengembangan program pembelajaran yang dilakukan oleh pengelola PKBM Pusaka Indonesia merupakan pengembangan pembelajaran pendidikan vokasi pada Paket C. Dalam mana program tersebut saat ini sedang dikembangkan oleh direktorat. Bahkan menjadi fokus program pemerintahan Jokowi, yaitu mengembangkan pendidikan vokasi. Pengelola PKBM Pusaka Indonesia menamakan program tersebut dengan Paket C Plus. [fauziep]