pendidikan 2Yogyakarta (08/03) Tahun 2013 dana dekonsentrasi Ditjen PAUDNI ke provinsi merosot drastis dari usulan Rp 1,6 triliun, Komisi X DPR hanya menyetujui menjadi Rp.62,9 miliar. Dana dekonsentrasi yang sebagian berupa bantuan sosial ditarik ke pusat, sehingga provinsi tidak lagi diserahi tugas menyalurkan bantuan sosial bidang PAUDNI. Dana bansos dikelola langsung oleh pusat.

Penarikan dana konsentrasi ke pusat menurut Komisi X DPR disebabkan karena pengawasan terhadap penyaluran dana dekonsentrasi di sebagian daerah tidak maksimal. ‘’Dengan tidak maksimalnya pengawasan tersebut, dikhawatirkan penyaluran dana yang cukup besar tersebut tidak tepat sasaran dan terjadi banyak penyimpangan’’ demikian ungkap Wakil Ketua Komisi X DPR Syamsul Bahri sebagaimana dikutip Antara.
Pada tahun ini, orsosmas dan lembaga PAUDNI (PKBM, LKP, KB/TPA dll) tidak bisa lagi mengakses bantuan sosial melalui dana dekonsentrasi atau dana bantuan sosial yang berasal dari pusat dan diputuskan serta disalurkan melalui Dinas Pendidikan provinsi. Lembaga yang hendak mengusulkan bantuan sosial dapat langsung mengakses ke pusat melalui direktorat teknisnya.

Namun demikian, quota penerima bantuan sosial juga akan berkurang untuk tahun 2013. Hal ini sejalan dengan kebijakan restrukturisasi anggaran Kemdikbud tahun 2013, sehubungan dengan rencana implementasi kurikulum 2013. Sumber daya anggaran Kemdikbud akan banyak terserap pada upaya mensukseskan implementasi kurikulum 2013. Pada tahun 2013 ini anggaran Ditjen PAUDNI turun dibandingkan tahun 2012, yaitu dari Rp 2,93 triliun menjadi Rp 2,40. Sehinga terjadi penurunan anggaran di semua direktorat teknis. Hanya Direktorat P2TK yang mengalami kenaikan pada tahun 2013 ini.

Apakah penarikan dana dekonsentrasi ini terkait dengan dugaan bahwa di sebagian daerah terjadi kongkalikong antara lembaga penerima bansos dengan oknum? Wallahualam. Namun dugaan ini tidak sepenuhnya benar, karena masih ada provinsi yang secara bersih menilai dan menetapkan lembaga calon penerima bantuan sosial.

Atau boleh jadi penarikan dana dekonsentrasi pada tahun 2013 ini terkait dengan tahun politik menjelang hajatan pemilu 2014? Wallahualam juga. Walaupun ada rumor bahwa jika bantuan sosial ditarik ke pusat akan lebih mudah bagi para politisi di Senayan untuk mengarahkan calon penerima bansos.