logo dikbudPacitan (10/3/2014) Pada tahun 2014 kembali Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Ditjen Dikmen Kemendikbud menyelenggarakan pemilihan tutor Paket C Berprestasi. Pemilihan tutor Paket C berprestasi dilakukan berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi hingga nasional.

“Pemenang dari pemilihan Tutor Paket C berprestasi ini diharapkan dapat menjadi panutan bagi tutor paket C yang belum mendapat kesempatan menjadi pemenang untuk lebih memacu kinerjanya sesuai  dengan standar dan ketentuan yang berlaku. Diharapkan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan dapat berkembang dan meningkat mutunya serta dapat lebih relevan dengan kebutuhan masyarakat.” Ungkap Purwadi Sutanto, Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah Ditjen Dikmen Kemendikbud.

Lebih lanjut Purwadi Sutanto mengharapkan melalui kegiatan pemilihan tutor paket C  berprestasi ini akan diketahui peta kekuatan yang ada dalam penyelenggaraan program pendidikan kesetaraan di seluruh Indonesia. Untuk setiap program, berapa banyak lembaga penyelenggara yang berhasil dengan baik dalam menyelenggarakan program, berapa banyak tutor dan mata pelajaran apa yang berhasil dalam membelajarkan peserta didiknya terutama terkait dengan metode, teknik, maupun inovasi pembelajaran, dan berapa banyak peserta didik yang memiliki nilai tinggi dalam hal akademik, keterampilan, dan sikap.

Pemilihan tutor paket C yang berprestasi dimulai bulan Mei mulai dari tingkat kabupaten/kota. Tahapan pemilihan pada semua tingkatan (kabupaten/kota/provinsi/nasional) yaitu (1) administrasi dan portofolio, (2)tes tertulis, (3) presentasi karya tulis dan (4) wawancara terstruktur.

Tutor paket C yang bisa mengikuti sudah memiliki pengalaman sebagai tutor Paket C minimal lima tahun, pendidikan minimal sarjana, diutamakan ada kesesuaian bidang tugas (mata pelajaran) yang diampu dengan latar belakang keilmuan, serta memiliki prestasi di tingkat provinsi/kabupaten/kota.

Untuk melihat persyaratan dan ketentuan lebih detail silahkan unduh pedoman pemilihan tutor Paket C berprestasi di sini.