Jambore PTK-PNF_08 109Yogyakarta (31/3/2015) Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Dit P2TK) Ditjen Dikmen Kemendikbud tahun ini kembali menyelenggarakan pemilihan Tutor Paket C Berprestasi. Ini adalah pemilihan Tutor Paket C  Berprestasi oleh Dit P2TK Ditjen Dikmen Kemendikbud terakhir karena mulai 2015 ini pengelolaan pendidikan kesetaraan dikembalikan pada Ditjen PAUD dan Dikmas.

Keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran sangat ditentukan oleh kapabilitas dan prestasi lembaga yang berbasis pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Oleh karena itu, lembaga dituntut untuk melengkapi dan pemenuhan minimal tuntutan standar nasional pendidikan terutama peningkatan kompetensi tutor.

Direktorat Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah sejak tahun 2011 menyelenggarakan kegiatan Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi dalam rangka meningkatkan profesionalitas, karier, penghargaan dan perlindungan dalam melaksanakan tugasnya. Untuk tahun 2015 ini masih tetap diselenggarakan Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi dengan tema “Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi yang Profesional dan Bermartabat Siap Membumilandaskan Revolusi Mental bagi Peserta Didik dalam Menyiapkan Generasi Emas 2045”. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong peningkatan kinerja tutor Paket C yang berdampak posititf terhadap mutu pembelajaran Paket C secara nasional.

Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi melalui empat tahapan penilaian yaitu (1) Administrasi dan Portofolio, (2) Tes tertulis, (3) Presentasi Karya Tulis dan (4) Wawancara terstruktur.

Persyaratan administrasi adalah sebagai berikut (a) Memiliki Surat Keputusan sebagai Tutor Paket C dari lembaga penyelenggara program Pendidikan Kesetaraan tempat yang bersangkutan mengajar; (b) Surat Pernyataan belum pernah menjadi finalis guru/tutor berprestasi tingkat nasional baik guru/ Tutor Paket A, B, atau C selama 2 (dua) tahun terakhir; (c) Surat Rekomendasi sebagai tutor dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat dan Dinas Pendidikan Provinsi, sebagai Tutor Paket C berprestasi; (d) Menyampaikan berkas portofolio, karya tulis dan riwayat hidup ke Panitia Penyelenggara Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi di tingkat Kabupaten/Kota untuk Pemilihan di tingkat Kabupaten/Kota, dan pemenang 1 Tutor Paket C Berprestasi tingkat Kabupaten/kota menyampaikan portofolionya kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi.

Sedangkan persyaratan teknis adalah (a) pengalaman kerja sebagai tutor Paket C program Pendidikan Kesetaraan paling kurang 2 tahun berturut-turut pada satuan administrasi pangkal (satminkal) yang sama (dibuktikan dengan surat keterangan dari lembaga penyelenggara sebagai Tutor Paket C ); (b) Pendidikan minimal Sarjana (S1) / sederajat; (c) Diutamakan adanya kesesuaian antara bidang tugas mengajar dengan latar belakang keilmuan; (d) Mempunyai prestasi di tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota (dibuktikan dengan Piagam/Sertifikat/SK); (e) Melampirkan surat keterangan sehat dari Dokter Puskesmas.

Proses penilaian dimulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi dan nasional. Untuk mengunduh Pedoman Pemilihan Tutor Paket C Berprestasi dapat diklik tautan ini. [fep]