Pemetaan 003Semarang (6/11) Sebanyak 48 orang pengelola data yang berasal dari UPTD SKB/BPKB Jateng/DIY dan Lampung melakukan workshop selama tiga hari mulai tanggal 5 November 2012 di Hotel Pandanaran, Semarang. Kegiatan bertajuk Workshop Pengembangan Sistem Informasi dan Komunikasi Efektif guna mendukung Mutu PAUDNI diselenggarakan olehP2PAUDNI Regional II Semarang.

Kegiatan workshop ini terkait dengan pemetaan mutu PAUDNI yang sedang dilaksanakan oleh P2PAUDNI Regional II Ungaran. Pemetaan  mutu pendidikan (quality assurance mapping) merupakan kegiatan pengumpulan dan analisis data mutu pendidikan yang merupakan salah satu unsur utama dalam sistem penjaminan mutu pendidikan dalam pemenuhan capaian delapan Standar Nasional Pendidikan.

Jamaludin, selaku Koordinator Tim Pemetaan Mutu P2PAUDNI Regional I Semarang, menjelaskan bahwa tujuan pemetaan adalah (1) membantu pemerintah dalam menyediakan hasil analisis data dan rekomendasi sebagai bahan penentuan kebijakan pendidikan, (2) melakukan analisis dan pemetaan mutu pendidikan berbasis delapan Standar Nasional pendidikan, dan (3) menyusun rekomendasi program penjaminan mutu pendidikan berbasis hasil pemetaan dan analisis mutu pendidikan. Hasil akhir dari pemetaan ini adalah adanya hasil analisis peta mutu PAUDNI di wilayah P2PAUDNI Regional II Semarang.

Pemetaan dilakukan pada empat jenis satuan PAUDNI, yaitu program pendidikan anak usia dini, pendidikan keaksaraan, program pendidikan kesetaraan, dan program kursus dan pelatihan. Pengelolaan pendataan dilakukan pada setiap kabupaten/kota dan entri data dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi sistem informasi manajemen pemetaan mutu PAUDNI. Karena itulah petugas pengelola pendataan dibekali melalui kegiatan workshop ini agar proses pendataan berjalan dengan efektif.

Di samping melakukan workshop entri data, pengolahan data, menganalisis dan menyusun laporan pemetaan mutu PAUDNI, peserta juga mendapatkan kesempatan belajar melakukan video conference dengan menggunakan Skype.