Ap pembukaan 1Batam (03/10) Kamis sore  (03/10) Apresiasi Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUDNI Berprestasi Tingkat Nasional dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Bidang Kebudayaan Kemdikbud, Wiendu Nuryanti. Upacara pembukaan yang dilaksanakan di Stadion Temenggungan Abdul Jamal, Batam sayang diganggu oleh hujan yang mengguyur ketika acara tengah berlangsung.

Sejak gelaran Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi tahun 2011 upacara pembukaan dilaksanakan di area terbuka, sehingga jika tidak diantisipasi hujan dapat membuyarkan rancangan acara yang sudah disusun rapi.

Ap pembukaan 6Hujan ringan mulai datang ketika defile peserta mulai menampilkan provinsi kawasan Indonesia Timur. Namun demikian acara pembukaan terus berlangsung. Peserta masih berusaha bertahan di tengah guyuran hujan dengan memayungi diri dengan spanduk yang digunakan untuk defile. Pun acara Tari Makan Sirih yang disajikan oleh lebih dari seratus siswa SMP Negeri 20 Batam berlangsung di bawah guyuran hujan ringan.

Ap pembukaan 2Akhirnya hujan deras pun turun sehingga panitia mengumumkan agar peserta upacara berteduh di tenda-tenda, namun acara pada hakekatnya terus berlangsung.

Sebenarnya rancangan acara pembukaan yang disusun panitia daerah sangat ciamik dengan menyajikan berbagai tarian khas kebudayaan Melayu. Panitia daerah kelihatan sudah bersungguh-sungguh menyiapkan rangkaian acara. Tapi kehendak alam tidak bisa diduga, guyuran air hujan membuyarkan acara pembukaan yang menawan.

Ap pembukaan 3Ditingkahi suasana hujan rintik, Wamen Bidang Kebudayaan Windu Nuryanti menyampaikan sambutannya. Entah ada hubungannya dengan gangguan hujan atau tidak, Windu Nuryanti dua keliru menyebut PAUDNI hanya dengan menyebut PAUD. Sekali disebut pendidikan anak usia dini (tanpan nonformal dan informal), kali kedua disebut dalam akronim PAUD tanpa NI.

Di bagian lain Windu Nuryanti merasakan rasa bangga kepada pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI yang hadir di Batam karena sudah mengabdikan diri daerah untuk meraih penghargaan di ajang Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2013.