CDRX4_Main_20UIYogyakarta (23/12) Mandir, M.Pd., Kepala Bidang Peningkatan Kreativitas Pemuda atas nama Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora pada tanggal 20 Desember 2013 membuka secara resmi Pelatihan Desain Grafis yang diikuti oleh 75 pemuda se-Kulon Progo di Hotel Kusuma, Wates, Yogyakarta. Pelatihan berlangsung sampai dengan 22 Desember 2013 melibatan unsur organisasi pemuda, pemuda binaan Balai Pemuda Olahraga DIY, dan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta.

Twiyono, MM selaku penyelenggara dari Yayasan Bina Prestasi Muda menyatakan bahwa bidang seni desain grafis berbasis teknologi informasi merupakan suatu kebutuhan pada era digital ini. Terlebih Yogyakarta dikenal sebagai pusat industri kreatif membutuhkan sumber daya manusia agar tetap eksis di nusantara bahkan sampai manca negara.

Lebih dari desain grafis adalah pekerjaan yang dapat menghasilkan keuntungan dan kepuasan kerja. Bukan hanya menghasilkan uang tetapi juga membuat atau mengenalkan sesuatu yang mudah-mudahan membawa manfaat untuk orang lain. Siapa saja dapat mempelajari desain grafis dan dalam aktivitas usaha, hampir semua aspek akan bersentuhan dengan desain grafis: logo usaha, materi promosi, website, kelengkapan surat menyurat, souvenir dan lain-lain.

Oleh karena itu diharapkan peserta dapat meningkatkan kemampuan desain grafis pada kegiatan yang dilaksanakan atas kerjasama Yayasan Bina Prestasi Muda dan Kemenpora ini. Setelah selesai kegiatan peserta diharapkan dapat mengaplikasikan keterampilannya pada kehidupan sehari-hari dan industri kreatif yang bisa dimulai dari skala kecil. (fep/hamemayu/fauziep.com)