Lectora PBLima belas orang pamong belajar se-DIY selama 4 hari (2-5 April 2012) di BPKB DIY dilatih mengembangkan media pembelajaran PAUDNI dengan menggunakan Software Authoring Tools Lectora. Lectora merupakan softwarepengembangan belajar elektronik (e-learning) yang relatif mudah diaplikasi karena tidak memerlukan pemahaman bahasa pemrograman yang canggih. Karena Lectora sudah menyediakan template untuk mengembangkan media pembelajaran sesuai kebutuhan.

Lectora juga dapat digunakan untuk membuat kursus pelatihan online, melakukanpenilaian (uji), dan presentasi.

Walau pun Lectora menyediakan template, namun Lectora juga memungkinkan pengguna untuk memanfaatkan susunan file multi-media untuk membuat konten yang lebih menarik.Karena itulah Lectora dapat digunakan oleh pamong belajar dalam mengembangkan media pembelajaran pendidikan nonformal.

Lectora memiliki antarmuka yang familiar dengan kita yang telah mengenal maupun menguasai Microsoft Office. Antarmuka Lectora terbagi dalam 3 hal utama, yakni Menu dan Toolbar, Title Explorer, dan Work Area. Menu-menu yang ada di dalam Lectora, hampir sama dengan menu-menu yang berada dalam program-program Microsoft Office. Menu-menu itu antara lain File, Edit, Add, Layout, Tools, Mode, Publish, View, dan Help.

Title Explorer merupakan pohon direktori yang menampilkan semua objek, chapter, section, dan page yang terdapat dalam work area Lectora. Work Area sendiri merupakan area kerja Lectora, dimana didalamnya kita dapat melakukan editing media pembelajaran.