Paket C, Tidak Ada Kenaikan Kelas Setara XI ke Setara XII

Paket C di Bintan KepriYogyakarta (09/03) Banyak yang tidak mengetahui bahwa pada Program Paket C tidak ada kenaikan pada rombongan belajar setara kelas XI ke setara kelas XII. Bahkan lebih dari itu sebenarnya tidak ada istilah kelas pada program kesetaraan, yang ada adalah tingkatan. Hal ini terjadi karena banyak yang tidak memahami standar isi dan standar proses pendidikan kesetaraan.

Berdasarkan Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007 pada Bab II butir B, angka 4 tentang kesetaraan tingkatan dan derajat diketahui bahwa program Paket C dibagi menjadi dua tingkatan, yaitu tingkatan 5 dengan derajat kompetensi Mahir 1 setara dengan kelas X SMA/MA dan tingkatan 6 dengan derajat kompetensi Mahir 2 setara dengan kelas XII SMA/MA. Artinya pada tingkatan 6 proses pembelajaran meliputi setara kelas XI dan XII.

Hal tersebut diperjelas dalam Permendiknas Nomor 03 tahun 2008 tentang standar proses, bahwa Program Paket C (IPA/IPS) Tingkatan 6/Mahir 2 (Setara Kelas XI – XII) mempunyai beban 82 SKK setara dengan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan minimal 21 SKK per semester. Dengan lain kata tingkatan 2 ditempuh dalam 4 semester. Jadi walaupun Paket C terdiri dari 2 tingkatan, tidak berarti dapat diselesaikan dalam waktu 2 tahun. Karena pada tingkatan 6 ditempuh 2 tahun (4 semester) dan tingkatan 5 ditempuh 1 tahun (2 semester).

Tabel struktur kurikulum pada standar isi (Permendiknas Nomor 14 Tahun 2007) pada kolomnya tidak terdapat istilah kelas, hal mana berbeda dengan struktur kurikulum sekolah. Struktur kurikulum program Paket C jelas disebutkan tingkatan/derajat (sub kolom) di bawah judul kolom satuan kredit kompetensi. Pada struktur kurikulum sekolah disebutkan kelas (sub kolom) di bawah judul kolom alokasi waktu.

Selanjutnya jika dicermati konstruksi standar kompetensi dan kompetensi dasar setiap mata pelajaran tidak ada identitas kelas pada judul setiap lampiran rincian SK KD mata pelajaran. Pada rincian SK KD tingkatan 6 tidak terbagi ke dalam setara kelas XI dan kelas XII. Silahkan dicermati ulang semua lampiran SK KD mata pelajaran Paket C.

Artinya apa? Pada tingkatan 6 tidak ada pembagian SK KD untuk setara kelas XI dan setara kelas XII. Karena tingkatan 6 merupakan kesatuan utuh penjenjangan pada program Paket C. Oleh karena itulah, tidak relevan ada kenaikan kelas dari setara kelas XI ke setara kelas XII. Karena tingkatan 6 ditempuh dalam empat semester.

Kenaikan hanya dikenal pada tingkatan 5 ke tingkatan 6. Itu pun namanya bukan kenaikan kelas, tapi kenaikan tingkatan.

Namun demikian, secara utuh Program Paket C terdiri dari tiga rombongan belajar, yaitu satu rombongan belajar tingkatan 5 (semester 1/2) dan dua rombongan belajar tingkatan 6 (semester 3/4 dan semester 5/6).

Dengan demikian pada Pogram Paket C hanya mengalami satu kenaikan tingkatan (tingkatan 5 ke tingkatan 6), berbeda dengan SMA/MA dua kali kenaikan kelas (kelas X ke kelas XI dan kelas Xi ke kelas XII).

7 tanggapan pada “Paket C, Tidak Ada Kenaikan Kelas Setara XI ke Setara XII”

  1. Sangat di mengerti, namun apakah peserta didik bisa mengerti dan masyarakat bisa memahami dan menerima perubahan akan permendiknas itu. Malah jangan-jangan di ketwain. kok ada sekolah yang tidak ada kenaikan kelas…..

    1. ya tetep ada kenaikan pada tingkatan 5 ke tingkatan 6 pak. Tetap ada.
      Lha inilah kalau peraturan tdk pernah disosialisasikan dg baik dan tidak pernah dipelajari oleh pengelola. Hanya ditumpuk saja di almari. Padahal sdh sejak 2007/2008.

    2. Akan lebih ditertawain jika tidak ikut pembelajaran tapi bisa ikut UNPK dan lulus! He he he he…
      Ini khan malah menyederhanakan tho pak, kenaikan hanya satu kali. Tidak dua kali. Katanya Paket C minta yg sederhana dan tidak ribet.

  2. wah,indonesia memang kaya sekali akan peraturan dan istilah2,.

    terima kasih pak fauzi atas infonya,sya jd lebih tau antara kondisi yang terjadi di lapangan sangat jauh amat super sekali berbeda dengan peraturan yang ada,..

  3. kurangnya pemahaman seperti ini,, perlu dipertanyakan,,selama ini apa yang diselenggarakan dan dikelola?? artinya kalau ada oknum atau lembaga yg tidak menerima kenaikan kelas sebagai landasan ideal sistem pendidikan nasional yang tertuang dalam 8 standar proses dan isi,,maka lembaga atau oknum tersebut perlu dipertanyakan kapabilitasnya.

  4. Mata Pelajaran Ujian Nasional Paket A, Paket B, dan Paket C
    No. Mata Pelajaran PaketA Paket B Paket C
    IPS IPA Bahasa
    1. Pendidikan Kewarganegaraan X X – – –
    2. Bahasa Indonesia X X X X X
    3. Bahasa Inggris – X X X X
    4. Matematika X X – X –
    5. IPA X X – – –
    6. IPS X X – – –
    LAMPIRAN PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL
    NOMOR 14 TAHUN 2007 TANGGAL 18 APRIL 2007
    STANDAR ISI UNTUK PROGRAM PAKET A,
    PROGRAM PAKET B, DAN PROGRAM PAKET C

    berdasarkan permen di atas yang mau saya tanyakan kalau tidak salah bahwa matematika tidak di uan kan pada paket C (IPS) tetapi kenyataan nya tahun kemarin dan tahun sebelumnya paket C JURUSAN IPS tetap ada UAN matematika nya bagai mana nih pak

Komentar ditutup.