KEJAR PAKET C KEJURUAN JOGJAYogyakarta (10/09) Balai Latihan Pendidikan Teknik (BLPT) Dinas Dikpora DIY menggandeng Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) akan menyelenggarakan Paket C Kejuruan mulai tahun pelajaran 2013/2014. Paket C Kejuruan yang akan melayani sejumlah 80 peserta didik dan gratis ini meliputi program audio dan video, otomotif, mesin dan furniture. Program ini dimaksudkan untuk menampung lulusan SMP/MTs/Kejar Paket B yang belum tertampung pada jalur pendidikan formal dan berkeinginan untuk memperoleh ijazah Paket C setara SMK.

Kepala BLPT DIY, Teguh Raharjo, mengemukakan bahwa penyelenggaraan Paket C Kejuruan ini melibatkan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai basis warga belajar. Sesuai dengan pasal 9 ayat 3 Permendiknas nomor 36 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Paket C Kejuruan, lembaga penyelenggara Paket C Kejuruan dapat melakukan kerjasama dengan lembaga yang memiliki sarana dan prasarana praktik kejuruan. Sebagaimana diketahui sarana dan prasarana praktik kejuruan di BLPT DIY sangat memadai, dan selama ini sudah digunakan oleh jalur pendidikan formal (SMK) untuk meningkatkan kompetensi kejuruan para siswa.

Struktur kurikulum Paket C Kejuruan dapat dibagi menjadi dua bagian utama, pertama pengetahuan akademik yang meliputi mata pelajaran normatif (misalnya Pendidikan Agama, Pendidikan Kewarganegaraan, dan Bahasa Indonesia) dan mata pelajaran adaptif, seperti Bahasa Inggris dan Matematika; kedua mata pelajaran kejuruan atau produktif. Pembelajaran pengetahuan akademik dilakukan di PKBM, sedangkan pembelajaran kejuruan dilakukan di BLPT DIY.

Karena peserta didik tersebar pada PKBM di DIY, maka pembelajaran mapel kejuruan akan dilakukan dengan pola berasrama yang dilakukan setiap semester. Pembelajaran pengetahuan akademik dilakukan pada setiap semester di masing-masing PKBM yang dilanjutkan dengan pembelajaran mapel kejuruan sesuai dengan program studi yang diambil peserta didik.

Pada tahun ketiga BLPT DIY akan menyelenggarakan uji kompetensi sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang ditetapkan pada masing-masing program studi. Setelah dinyatakan lulus uji kompetensi, peserta didik mengikuti ujian nasional pendidikan kesetaraan yang meliputi mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Matematika. Keikutsertaan UNPK Paket C Kejuruan ini dilakukan melalui PKBM masing-masing.

Penyelenggaraan Paket C Kejuruan ini sepenuhnya dibiayai oleh APBD DIY melalui DPA BLPT Dikpora DIY Tahun 2013. Pada saat ini sudah 16 PKBM di DIY yang menyatakan berpartisipasi mengikursertakan warga belajarnya pada program Paket C Kejuruan. Ke-16 PKBM tersebut adalah sebagai berikut:

  1. PKBM Reksonegaran (Kota Yogyakarta)
  2. PKBM Harapan Setia (Bantul)
  3. PKBM Pelita Sari (Bantul)
  4. PKBM Mandiri (Wates)
  5. PKBM Karya Manunggal (Kota Yogyakarta)
  6. PKBM Ngudi Kawruh (Sleman)
  7. PKBM Bangkit (Sleman)
  8. PKBM Wiyata Bakti (Bantul)
  9. PKBM Ngudi Mulyo (Gunungkidul)
  10. PKBM Trisakti (Sleman)
  11. PKBM Ngudi Kapinteran (Gunungkidul)
  12. PKBM Amrih Raharjo (Kulon Progo)
  13. PKBM Asri (Gunungkidul)
  14. PKBM Wiyata Bakti (Kulon Progo)
  15. PKBM Bina Insani (Gunungkidul)
  16. PKBM Bina Sekar Melati (Bantul)

Jika ada warga masyarakat yang ingin mengikuti Kejar Paket C Kejuruan, silahkan menghubungi PKBM terdekat yang disebutkan di atas. Atau menghubungi email fauziep@ymail.com paling lambat 31 Juli 2013.