PAUD aquilaYogyakarta (3/7/12) Bertempat di Hotel Quality Yogyakarta pada hari Kamis 2 Agustus 2012  Dr. Erman Syamsudin, SH, M.Pd., Direktur Pembinaan PAUD Ditjen PAUDNI Kemendikbu membuka kegiatan Orientasi Teknis Calon Penerima Bantuan PAUD. Kegiatan tersebut diikuti oleh 66 orang calon penerima bantuan PAUD dari seluruh Indonesia, dilaksanakan sampai hari Sabtu 4 Agustus 2012.

“Pemberian bantuan PAUD ini dimaksudkan juga untuk mengembangkan konsep PAUD terpadu, dimana disetiap layanan PAUD dapat ditumbuhkan juga satu atau beberapa lagi layanan PAUD lainnya.”, kata Erman Syamsudin kepada seluruh peserta orientasi teknis. Lebih lanjut dikatakan, agar dana bantuan dapat dilaksanakan secara efektif, maka dilakukan orientasi teknis kepada pengelola program.

Peserta yang mengikuti adalah pengelola atau kepala TK yang sudah dinyatakan menerima dana bantuan program PAUD pada tahun 2012. Penetapan penerima dana bantuan dimulai dari pengusulan oleh lembaga melalui dinas kabupaten setempat dan atau melalui provinsi dan diteruskan ke Direktorat Pembinaan PAUD. Peserta calon penerima terdiri dari Kelompok Bermain, Taman Kanak-Kanak, Taman Penitipan Anak, Satuan PAUD Sejenis daerah terpencil, tertinggal, dan terluar. Demikian ungkap Teguh Imanto, Kasi Kelembagaan Dit Pembinaan PAUD Kemdikud.

Pemberian bantuan program PAUD ini bertujuan memberikan dukungan kepada lembaga atau badan yang sedang atau akan merintis layanan PAUD dalam bentuk program TK atau KB, guna meningkatkan akses layanan PAUD yang menjangkau anak usia dini yang belum dan tidak terlayani. Pada akhirnya diharapkan terwujud peningkatan angka partisipasi kasar (APK) dan mutu layanan PAUD.