Apresiasi PTK PAUDNI Berprestasi Tahun 2015

LBM Karya Nyata TulisYogyakarta (21/04/15) Sebagian besar penulis pemula sangat sulit merangkai kata menjadi kalimat pada bagian latar belakang masalah. Padahal uraian pada latar belakang masalah adalah etalase sebuah naskah tulisan. Sebagai etalase naskah, bagus tidaknya naskah dapat dinilai dari uraian latar belakang masalah.

Apresiasi PTK PAUDNI Tingkat Nasional, setiap yuri akan menghadapi 34 naskah karya nyata/tulis. Sehubungan banyaknya naskah yang harus dibaca, maka penulis naskah harus mampu memikat yuri. Karena itu agar yuri tertarik membaca lebih lanjut maka latar belakang masalah harus memiliki daya pikat dan logika berpikir. Memliki daya pikat artinya tulisan enak dibaca. Memiliki logika berpikir artinya rangkaian kalimat dan paragraf dalam latar belakang menunjukkan kerangka berpikir yang logis dan tidak ada loncatan logika.

Ibarat sebuah toko, bagian latar belakang masalah adalah sebuah etalase. Uraian latar belakang masalah yang memikat dan logis dalam mengungkap permasalahan yang ada, akan memaksa yuri untuk membaca lebih detail halaman-halaman berikut.

Lalu bagaimana tips agar menulis kalimat dan merangkai menjadi paragraf latar belakang masalah sehingga masuk ke dalam persoalan sesuai dengan tema karya nyata.

Jika Anda adalah penulis pemula, maka langkah pertama adalah membuat butir-butir keadaan faktual terkait dengan tema lomba.  Butir-butir faktual tersebut merupakan permasalahan sesuai dengan tema lomba. Oleh karena itu tidak perlu menulis berbagai peraturan perundangan misalnya menurut pasal sekian Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Langsung saja mengungkap permasalahan yang dihadapi sesuai dengan tema naskah.

Pada paragraf bagian akhir latar belakang masalah kemudian mengarah uraian solusi yang diangkat melalui karya nyata/tulis.