ijazah paket CSenggigi (13/12) Sudah menjadi nasib pendidikan nonformal selalu terpinggirkan di tengah politik pendidikan yang lebih memihak pendidikan formal. Pada UNPK tahap I yang pelaksanaan dibarengkan dengan pendidikan formal, pengumuman kelulusan tidak bisa dilaksanakan serentak dengan pendidikan formal. Pelaksanaan pengumuman bahkan harus menghitung minggu dan melampaui bulan Mei. Kini UNPK tahap II yang dilaksanakan pada 1-4 Juli 2013 ijazah belum kunjung diterima oleh peserta UNPK.

Permasalahan mundurnya penerbitan ijazah Paket C juga menjadi salah satu pembahasan yang hangat di Direktorat Pembinaan SMA (Dit PSMA), Ditjen Dikmen Kemdikbud. Penerbitan ijazah tidak menjadi tanggung jawab dan wewenang Dit PSMA, namun sejak direktorat tersebut diserahi tugas membina program Kejar Paket C maka banyak pihak yang menanyakan ke Dit PSMA.

Alinurdin, mantan Ka Subdit Pembelajaran menjelaskan bahwa ketika ada yang bertanya tentang kapan diterbitkan ijazah Paket C kepada direktorat tidaklah bijak melempar tanggung jawab kepada pihak lain. Maka yang dilakukan direktorat (Dit PSMA) adalah membantu mendorong pihak yang berwenang (panitia UN tingkat pusat) untuk segera menerbitkan ijazah.

“Kalau perlu direktorat berkirim surat secara resmi kepada panitia UN tingkat pusat, karena ijazah ini sudah ditunggu oleh peserta UNPK yang sebagian sudah diterima di perguruan tinggi” ungkap Alinurdin pada acara Workshop Tim Inti Kurikulum 2013 SMA di Senggigi, Lombok Rabu malam lalu (11/12).

Persoalannya tahun anggaran 2013 akan segera habis, jika tidak segera diterbitkan dikhawatirkan akan mundur lebih lama lagi. “Padahal peserta UNPK yang sudah diterima di perguruan tinggi hanya diberi waktu enam bulan untuk melengkapi persyaratan ijazahnya” tambah Alinurdin.

Melihat kondisi tersebut di atas, kiranya forum atau asosiasi tingkat pusat yang terlibat langsung dengan penyelenggaraan Paket C diharapkan juga ikut mendesak kepada panitia UN tingkat pusat. Forum/asosiasi tingkat pusat yang diharapkan ikut mendesak antara lain Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (FKPKBM), Forum Tutor Kesetaraan dan Asosiasi Sekolahrumah dan Pendidikan Alternatif (Asah Pena). Dengan adanya desakan dari berbagai pihak diharapkan pihak berwenang akan lebih mempercepatkan penerbitan ijazah Paket C. Jika diperlukan surat ditujukan langsung ke Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Ketika kita diam, maka pihak lain akan beranggapan tidak terjadi masalah atau tidak dipermasalahkan.