NIPTKYogyakarta (15/06) Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) bak pacar yang sangat dirindukan bagi insan pendidikan nonformal karena sudah tiga tahun tidak diketahui nasib dan rimbanya. Nah, ketika NUPTK muncul secara online pendidik dan tenaga kependidikan antusias untuk mengakses. Namun kecewa karena NUPTK hanya diperuntukkan bagi pendidik dan tenaga kependidikan formal.

Pasca konsultasi para pengurus asosiasi/forum pendidik dan tenaga kependidikan nonformal ke Badan PSDMP dan Direktur PPTK PAUDNI Kemdikbud, menyeruak informasi adanya rencana NIPTK bagi  PTK jalur pendidikan nonformal. Adalah Bardiati, Kasi di Subdit Program Dit PPTK PAUDNI, yang memberikan informasi awal. Sontak saya hubungi via telp, dan benar bahwa pendidik dan tenaga kependidikan PAUDNI pendataan individu akan menggunakan Nomor Induk Pendidik dan Tenaga Kependidikan disingkat NIPTK. NIPTK ini akan disosialisasikan mulai pertengahan Juli mendatang.

Secara teknis kemudian saya diminta untuk menghubungi Subroto, pengembang aplikasi NIPTK. Akhirnya diperoleh informasi lebih jelas bahwa NIPTK diperuntukan bagi guru TK, guru PAUD (nonformal), pamong belajar, penilik, pengelola PKBM, pengelola kursus, tenaga lapangan dikmas(TLD)/fasilitator desa intensif (FDI), dan tutor keaksaraan. NIPTK terdiri dari angka 12 digit, berbeda dengan NUPTK yang 16 digit.

Sudah disiapkan instrumen/format data lembaga dan individu, dimana formatnya menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pendidikan nonformal. Untuk kepentingan entri data, di setiap kabupaten/kota akan disiapkan admin dan operator yang berkedudukan di Dinas Pendidikan kab/kota.

“Pendidik dan tenaga kependidikan nonformal yang sudah pernah memiliki NUPTK tidak perlu melakukan entri data lagi, kami akan mengimpor data yang ada di sistem NUPTK” demikian dijelaskan Subroto.

Pada kesempatan terpisah salah satu penasehat DPP HPTIK PNF, Mulyanta,  menyarankan agar dilakukan replikasi data. “Sebaiknya dilakukan replikasi data di server Ditjen PAUDNI, sehingga tetap terpadu dengan server di Badan PSDMP. Seperti yang dilakukan di perbankan. Jadi terpadu mekanisme pendataannya” tambah Mulyanta.

Namun demikian, apa pun yang terjadi di antara dua sistem ini apakah akan terpadu atau tidak, kini pendidik dan tenaga kependidikan nonformal akan memiliki nomor identitas sendiri yang berlaku secara nasional. Yaitu NIPTK.