Yogyakarta (19/10) Berdasarkan kurikulum Paket C IPS pada tingkatan 5 setara Kelas X memiliki beban belajar 40 satuan kredit kompetensi (SKK) dan tingkatan 6 setara kelas XI-XII memiliki beban belajar 82 SKK. Berikut ini akan diuraikan bagaimana cara membuat jadwal pembelajaran Paket C yang memenuhi kaidah beban belajar berdasarkan Permendiknas Nomor 03 Tahun 2008 tentang Standar Proses Paket A, Paket B, dan Paket C.

Sebagai contoh pembahasan akan diambil Paket C tingkatan 5 setara Kelas X yang memiliki 40 SKK dan disampaikan dalam 2 semester. Jadi masing-masing semester memiliki beban sebanyak 20 SKK. Berdasarkan struktur kurikulum Paket C IPS, distribusi bobot SKK setiap mata pelajaran pada tingatan 5 dapat diperiksa pada tabel di bawah ini. Selanjutnya ditetapkan mata pelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka, tutorial, atau mandiri.

Beban SKK

Ketentuan distribusi mata pelajaran yang dilaksanakan dengan tatap muka, tutorial dan mandiri harus memenuhi kriteria sebagai berikut (a) tatap muka antara 20%-70%; (b)tutorial 30%-80%; dan mandiri maksimal 50%.

pemetaan SKK

Berdasarkan pemetaan mata pelajaran di atas, maka kemudian dibuat jadwal pembelajaran Paket C. Dalam membuat jadwal perlu diperhatikan bahwa (a) satu SKK tatap muka setara dengan satu jam pelajaran; (b) satu SKK tutorial setara dengan dua jam pelajaran; dan (c) satu SKK mandiri setara dengan tiga jam pelajaran. Adapun jadwal pembelajaran Paket C tingkatan 5 Setara kelas X dapat disajikan sebagai berikut.

jadwal paket C

Apakah jadwal Paket C Anda kelola sudah memenuhi kriteria?