Dalam mengisi laporan hasil belajar atau rapor Kejar Paket, tutor sering mengalami kesulitan karena menemui kenyataan bahwa nilai akhir tidak sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Atau menemui sekor akhir yang berasal dari total nilai beberapa penilaian hasil belajar sulit untuk dikonversi menjadi nilai akhir ke dalam rapor karena memiliki skala penilaian yang berbeda. Berikut ini disajikan rumus sederhana untuk mengkonversi sekor menjadi nilai yang bisa dimasukkan ke dalam laporan hasil belajar warga belajar.

konversi. Misalnya ditetapkan nilai tertinggi (Yt) adalah 9 dan nilai terendah (Yr) adalah 6.
Langkah kedua cari sekor tertinggi (Xt) dan sekor terendah (Xr), dalam contoh ditemukan sekor tertinggi (Xt) adalah 30 dan sekor terendah (Xr) adalah 16.
Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:

Slide1

Langkah ketiga mencari konstanta a, dengan memasukkan Yt dan Xt serta Yr dan Xr ke dalam rumus, sehingga menjadi persamaan pada gambar di bawah ini.

Slide2

Langkah keempat, setelah konstanta a diketahui maka dicari konstanta b dengan menggunakan salah satu persamaan.

Slide3

Langkah kelima, masukkan setiap sekor ke dalam rumus dan akhirnya akan diketahui hasil akhir konversi nilai sebagai berikut. Untuk menghitung dapat digunakan bantuan program Microsoft Excel.

Slide4

Semoga tips sederhana ini bermanfaat, sehingga menghindarkan tutor menggunakan ilmu kira-kira dalam mengkonversi nilai akhir di dalam buku laporan hasil belajar. Selamat mencoba.